SOLO - Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI), KH. Ma’ruf Amin secara resmi membuka ASEAN Para Games 2022 Solo di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Sabtu (30/7/2022) malam. Didampingi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora),  Zainudin Amali secara simbolis Kiai Ma’ruf mengeluarkan keris dan langsung disambar petir di layar LED raksasa yang terpasang dalam acara ini sebagai tanda resmi dimulainya event ini.

“Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, Asean Para Games Solo 2022, saya nyatakan secara resmi dibuka,” ujar Kiai Ma’ruf Amin.
Dalam sambutannya, mantan Ketua Umum MUI ini mengatakan ajang Para Games merupakan ajang yang istimewa karena menjadi sumber inspirasi tentang makna kesetaraan.

“Para Games merupakan sangat istimewa karena atlet para games adalah atlet terbaik yang berjuang untuk mengharumkan nama negaranya. Para Games istimewa karena atlet para games membuktikan bahwa dorongan untuk meraih cita-cita dan mengukir prestasi haruslah lebih kuat daripada hambatan yang ada,” jelasnya.

Dia pun mengucapkan selamat datang kepada seluruh atlet dan peserta dari negara-negara kawasan Asia Tenggara.

“Kepada seluruh atlet selamat berjuang dalam kompetisi yang sehat dan sportif. Saya berharap perhelatan olaharaga ini akan semakin mempererat hubungan persahabatan negara-negara ASEAN dan masyarakatnya,” harapnya.

Sebelum dibuka oleh Wapres, Walikota Solo yang juga Ketua Pelaksana Indonesia National Paralympic Organization Comittee (INASPOC) Gibran Rakabuming Raka dengan menggunakan kuda berwarna coklat menuju tempat memberikan sambutan.
"Selamat datang ke Solo," kata Gibran kepada segenap hadirin yang berada di Stadion Manahan Solo.

"Terimakasih atas kepercayaannya, Solo kembali menjadi tuan rumah ASEAN Para Games 2022," tambahnya.

Di penghujung sambutannya, Gibran memuji sekaligus mengucapkan terimakasih kepada segenap menteri dan lembaga pemerintah atas terselenggaranya Asean Para Games 2022.

"Terima kasih Menko PMK, Menko Polhukam, Menpora, Mendagri, Menaker serta juga Gubernur Jawa Tengah, ini luar biasa sekali gotong royongnya bersama teman-teman difabel, luar biasa sekali, " pungkasnya.

Upacara pembukaan ini diisi dengan sejumlah rangkaian acara yang diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya oleh penyanyi tuna netra berbakat asal Yogyakarta, Putri Ariani.

Kemudian disambung dengan penampilan komedian Dodit Mulyanto, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Endah Laras dan Arda Krisna yang membawakan lagu Bengawan Solo ciptaan sang maestro, Gesang. Acara yang kental dengan suasana adat Jawa juga turut menghadirkan penyanyi Nella Kharisma. ***