PEKANBARU - Asia Pasific Rayon (APR), produsen viscose rayon terintegrasi pertama di Asia yang beroperasi di Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Riau, berkomitmen untuk terus mendorong pertumbuhan para usaha kecil dan menengah (UKM) di bidang fashion, khususnya terkait suitable fashion.

"Jadi memang itu komitmen kami untuk membangkitkan UKM fashion, agar itu terus tumbuh. Kami di industri ini harus semakin banyak membantu anak-anak muda yang kreatif untuk mengembangkan bakatnya di bidang fashion. Karena kalau tidak, kita nanti malah jadi pembeli atau konsumen dari produk luar," kata Direktur APR, Basrie Kamba usai menyaksikan fashion show 6 brand yang bekerja sama dengan APR dalam ajang Muslim Fashion Festival (Muffest) 2023, bertempat di The Westin Jakarta, Rabu (8/3/2023) malam.

Adapun 6 brand fashion tersebut, yakni Gajah Duduk, Geulis, Aruna Creative X D'NGGO, BT Batik Trusmi, IDE Indonesia, dan INEN Signature.

Dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, Basri menilai 6 brand yang tampil malam ini sangat banyak mengalami kemajuan.

"Kami melihat para desainer sekarang semakin bagus dan semakin banyak idenya. Mereka juga paham modest fashion itu tak hanya sekedar stylist tapi juga memperhatikan lingkungan dan bahan bakunya serta Indonesianya," kata Basri.

Menurutnya, kreatifitas anak muda harus dihargai dan industri seperti APR berperan besar menumbuhkan kreatifitas anak muda seperti mereka agar mereka terus semangat.

"Kami berharap akan banyak industri lain berperan serta membangkitkan anak-anak ini. Kami juga optimis, Indonesia bisa menjadi kiblat modest fashion dunia," ungkapnya.

Untuk diketahui, IDE Indonesia menghadirkan sepuluh koleksi eco-print Kemilau Swarna Raya dengan pewarna alami yang dipadukan dengan motif daun berwarna kuning, oranye, hijau, merah muda, dan ungu.

Kemudian, Aruna Creative mempersembahkan koleksi busana siap pakai dari Remade Fashion yang ramah lingkungan.

BT Batik Trusmi memadukan denim dengan motif batik Mega Mendung yang memberikan sentuhan modern pada pakaian sehari-hari.

Tak ketinggalan, Baju Batik Sarung Gajah Duduk menghadirkan desain batik terbaik dengan motif modern namun tetap nyaman, elegan dan berkelanjutan.

Inen Signature mengambil pendekatan kasual dengan gaya eco-print dan batik dalam Memadu Senja.

Terakhir, Geulis with Chandramaya menampilan sepuluh tampilan koleksi modest yang terinspirasi dari budaya Indonesia dan kisah Timun Mas. ***