PEKANBARU – Enam Kapolres di Riau menerima penghargaan dari Kapolda Riau, Irjen M Iqbal . Penghargaan itu diberikan karena enam Polres tersebut dinilai sukses dalam menekan angka kecelakaan lalu lintas (Lakalantas) selama arus mudik dan balik Lebaran 1445 H.

Salah indikatornya adalah angka Lakalantas menurun drastis selama Operasi Ketupat Lancang Kuning (OKLK) yang dilaksanakan Polda Riau.

6 Polres yang menerima penghargaan tersebut adalah Polresta Pekanbaru, Polres Dumai, Polres Indragiri Hulu, Polres Kampar, Polres Rokan Hulu, dan Polres Bengkalis.

Penghargaan diserahkan langsung Kapolda Riau Irjen M Iqbal didampingi Wakapolda Brigjen K Rahmadi, dalam acara Halal bi Halal Polda Riau yang dilaksanakan di halaman depan Mapolda Riau, Jalan Pattimura Pekanbaru, Senin (22/4/2024).

"Saya mengucapkan selamat kepada seluruh Kapolres dan jajaran yang telah senantiasa bekerja keras sehingga Operasi Ketupat Lancang Kuning dapat berjalan dengan sukses," ujar Kapolda Riau.

Ia menjelaskan, selama 13 hari pelaksanaan Ops KLK 2024, Polda Riau berhasil menangani pelanggaran lalu lintas sebanyak 284 kasus. Sejak dilakukan operasi pada tanggal 4 hingga 16 April, jumlah pelanggaran tercatat menurun sebesar 14 persen.

"Tahun lalu ada 329 kasus, tahun ini turun 45 kasus. Kemudian kecelakaan terdapat sekitar 8 kasus. Jika dibandingkan tahun lalu, sudah menurun sebanyak 3 kasus," jelasnya lagi.

Lebih rinci, Kapolda Riau mengumumkan, juara pertama untuk kategori optimalisasi penyelenggaraan Operasi Tertib Ramadhan Lancang Kuning 2024 diraih Polresta Pekanbaru, yang diterima Kombes Jeki Rahmat Mustika. Sedangkan pada posisi kedua diraih Polres Dumai yang diterima Kapolres Dumai AKBP Dhovan Oktavianton. Sementara juara ketiga diraih Polres Indragiri Hulu yang diterima oleh AKBP Dody Wira Wijaya.

Selanjutnya, untuk kategori optimalisasi Operasi Ketupat Lancang Kuning 2024, diraih Polres Kampar yang diterima langsung oleh Kapolres Kampar AKBP Ronald Sumaja. Peringkat Kedua diraih Polresta Pekanbaru dan peringkat ketiga diraih Polres Rokan Hulu.

M Iqbal menuturkan, Kapolres terinovatif diberikan kepada AKBP Bimo Setyo Anggoro yang menjabat sebagai Kapolres Bengkalis.

"Selama melaksanakan Ops KLK, tidak ditemukan kejadian menonjol atau kemacetan panjang yang mengganggu pelaksanaan mudik dan balik lebaran 2024," tutupnya. ***