PEKANBARU - Anggota DPRD Riau Dapil Rokan Hilir, Syafruddin Iput meminta pemerintah maupun Pertamina untuk bisa mengakomodir anak-anak Rokan Hilir dalam perekrutan tenaga kerja di Blok Rokan.

Sebagaimana diketahui, Blok Rokan akan kembali dikelola oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Pertamina, setelah puluhan tahun dikelola oleh perusahaan asal luar negeri.

"Anak Rokan Hilir wajib jadi pekerja di Blok Rokan, yang penting sesuai dengan keilmuannya, walaupun cuma tukang cangkul," kata Anggota Komisi V DPRD Riau ini kepada GoRiau.com, Selasa (16/2/2021).

Iput bahkan akan segera menyampaikan hal ini kepada Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) supaya bisa mengawal masalah ini, disamping dia juga menerima laporan dari masyarakat.

Selama ini, ujar Iput, perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Rokan Hilir sudah mengakomodir tenaga kerja lokal, tapi permasalahan pengangguran masih saja menjadi keluhan masyarakat di saat reses.

"Ada juga selama ini, tapi kan terbatas, makanya dengan perpindahan kelola Blok Rokan ke Pertamina, paling tidak masyarakat setempat bisa lebih sejahtera, ini harus dikawal dengan baik, jangan disia-siakan, kita tidak boleh jadi penonton," tuturnya.

Kemudian, dia meminta supaya perusahaan apapun yang bekerja di Blok Rokan dalam kawasan Rokan Hilir untuk bisa berkantor di Rokan Hilir, minimal punya kantor cabang, sehingga ada manfaat yang didapatkan Rokan Hilir. ***