ATLANTA - Erika Shields memutuskan mengundurkan diri sebagai kepala kepolisian Atlanta, Amerika Serikat, setelah anak buahnya menembak mati pria kulit hitam, Rayshard Brooks (27), di halaman salah satu restoran cepat saji.

Dikutip dari detikcom yang melansir AP, Ahad (14/6/2020), Erika Shields mengundurkan diri pada Sabtu (13/6), saat kasus pembunuhan terhadap Rayshard Brooks memicu gelombang protes baru di Atlanta, setelah aksi protes kematian George Floyd yang dibunuh polisi di Minneapolis.

Para pengunjuk rasa pada Sabtu (13/6) malam menutup jalan raya antarnegara bagian di kedua arah. Mereka juga membakar halaman restoran tempat Brooks ditembak mati malam sebelumnya.

Mundurnya Shields ini dikonfirmasi Walikota Atlanta Keisha Lance Bottoms. Keisha mengumumkan pengunduran diri kepala polisi dilakukan saat menggelar konferensi pers Sabtu (13/6) sore kemarin. Keisha juga meminta petugas polisi yang menembak Brooks segera dipecat.

''Saya tidak percaya tindakan kematian memaksa ini dibenarkan, dan saya juga mendorong agar petugas yang melakukan tindakan ini segera dipecat,'' kata Bottoms.

Bottoms mengatakan, mundurnya Shield itu adalah keputusan pribadi. Sementara yang akan menggantikan posisi Shield adalah KRodney Bryant, dia akan menjabat sebagai kepala polisi sementara sampai pengganti tetap ditunjuk.

Biro Investigasi Georgia, yang menyelidiki penembakan itu, mengatakan peristiwa maut itu dimulai saat petugas menanggapi keluhan warga, bahwa ada seorang pria sedang tidur di dalam mobil yang menghalangi jalur drive-thru restoran. GBI mengatakan Brooks tidak membawa kelengkapan dokumen berkendara saat diperiksa petugas, kemudian dia menolak ditangkap petugas.

GBI merilis video kamera keamanan dari penembakan hari Sabtu(13/6). Rekaman itu memperlihatkan seorang pria berlari dari dua petugas polisi kulit putih ketika dia mengangkat tangan, yang memegang beberapa jenis benda, menuju seorang petugas beberapa langkah di belakangnya. Petugas itu menarik senjatanya dan menembak ketika pria itu terus berlari, kemudian jatuh ke tanah di tempat parkir.

Direktur GBI Vic Reynolds mengatakan Brooks sempat merebut senjata salah petugas saat hendak melarikan diri. Kemudian menembakkan sekitar tembakan tiga tembakan.

Video kamera keamanan merekam Brooks ''berlari atau melarikan diri dari petugas polisi Atlanta,'' kata Reynolds. ''Tampaknya dia memiliki senjata di tangannya.''

Rekaman itu tidak menunjukkan perlawanan awal Brooks terhadap polisi.***