DURI - Polsek Mandau mengaktifkan gerakan penghijauan demi menjaga keberlangsungan lingkungan. Gerakan ini dimulai dengan penanaman pohon buah-buahan di lingkungan Mapolsek Mandau.

"Kita lakukan penyelamatan bumi melalui kegiatan polisi peduli penghijauan. Kita awali di lingkungan Polsek Mandau," ujar Kapolsek Mandau, Kompol Arvin Hariyadi SIK, Sabtu (4/1/2020) kepada GoRiau.com.

Pohon buah-buahan yang ditanam di antaranya pohon buah durian, mangga dan jambu madu. Gerakan penghijauan dipastikan Kompol Arvin tidak hanya dilakukan di Mapolsek saja.

Menurut Kapolsek, penghijauan ini penting dilakukan guna menangani krisi lingkungan. Penanaman pohon ini memiliki banyak manfaat seperti menambah produksi oksigen, mengurangi CO2 dan polutan lainnya.

"Jika tanaman buah, bisa dimanfaatkan buahnya. Dengan penghijauan kita bisa terhindar dari bahaya banjir, tanah longsor/erosi. Intinya jika kita sayangi alam kita, maka alam pun akan sayang kepada kita. Oleh karena itu mari hijaukan lingkungan kita," tuturnya lagi.

Program ini, kata Kompol Arvin, merupakan gagasan Kapolri Jenderal Idham Azis. Hal ini disebut wujud kepedulian Polri terhadap lingkungan hidup.

"Bencana yang terjadi saat ini diakibatkan rusaknya lingkungan. Kita mulai dari lingkungan rumah untuk penghijauan ini," imbuhnya. ***