BAGANSIAPIAPI - Sejak Juli hingga November 2020, 390 orang terpapar Covid-19 di Rokan Hilir, Riau. Dari 390 orang tersebut, 15 orang diantaranya dirawat, 4 orang isolasi khusus, 85 isolasi mandiri dan 275 dinyatakan sehat. Selain itu, juga terdapat 11 orang meninggal dunia.

''Tingginya orang terpapar Covis-19 tersebut menyebabkan empat Puskesmas akhirnya ditutup sementara,'' ujar Plt Kepala Dinas Kesehatan Rohil, Ahmad SSos, MH, Rabu (4/11/2020) di ruang kerjanya.

Menurut Ahmad, dari 20 unit Pukesmas yang ada di Rohil 10 antaranya sempat ditutup. Namun saat ini hanya empat Puskesmas yang masih tutup. Dari 4 Pukesmas tersebut satu Pukesmas yakni Puskesmas Sedinginan dijadikan tempat isolasi penanganan Covid-19.

''Selama Puskesmas Sedinginan dipakai untuk pelayanan Covid-19, sementara waktu layanan on Covid-19 dialihkan ke Pustu atau Polindes,'' sebutnya.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Rohil meminta peran masyarakat, media dan seluruh komponen masyarakat untuk aktif dalam menangani pandemi Covid-19. ''Jika ada pasien yang berobat, mohon ikuti protokol kesehatan,'' ajak juru bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 Rohil ini.

4 Pukesmas yang tutup sementara hingga saat ini adalah Puskesmas Bagan Punak, Bangko Kanan, Rantau Kopar dan Puskesmas Tanah Putih.

''Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk mengikuti protokol kesehatan, pakai masker, cuci tangan, jaga jarak dan rajin mengonsumsi vitamin,'' ingatnya. ***