PEKANBARU - Kota Pekanbaru memiliki berbagai hidangan khas yang bersumber dari olahan ikan. Hidangan tersebut dapat menjadi pilihan wisatawan jika ingin berkunjung ke ibu kota Provinsi Riau tersebut.

Berikut ini merupakan enam olahan ikan yang dapat menjadi pilihan penunjang lapar kamu lho.

1. Asam Pedas Ikan Baung

Makanan ini berbahan utama ikan baung dengan daging yang tebal dan dimasak dengan kuah bercita rasa asam pedas. Ada berbagai bumbu yang digunakan, seperti bawang putih, bawang merah, kunyit, jahe, serai, lengkuas, serta air asam jawa.

2. Gulai Ikan Patin

Gulai Ikan Patin ini sering dijumpai di rumah makan di Kota Pekanbaru. Cita rasanya gurih dengan kuah kuning dibumbui bunga kecombrang, sangat cocok disajikan dengan nasi hangat disiang hari.

3. Gulai Siput

Gulai siput tentunya berbahan dasar siput atau yang sering disebut lengkitang. Saat menikmati makanan ini, daging siput harus disedot satu-persatu.

4. Ikan Cuka

Pernah dengar makanan ini sebelumnya? Makanan ini berbahan ikan tenggiri yang digoreng dan diberi saus atau kuah cuka. Kuah cuka dibuat dari bumbu seperti cabai merah, jahe, pala, lada, daun jeruk, gula, garam, dan serai.

5. Gulai Belacan

Jika ingin makanan khas daerah dengan bahan dasar udang, maka Gulai Belacan bisa jadi satu pilihan. Daging udang yang ranum dibumbui dengan kuah santan gulai yang dicampur dengan asam jawa, lada, dan kemiri.

Udang yang digunakan bisa dengan udang laut atau udang sungai. Dan untuk pencinta petai, bisa menambahkan petai sebagai pelengkap gulai belacan ini lho.

6. Ikan Asap Selais

Tahukah kamu bahwa ikan selais merupakan salah satu ikon Kota Pekanbaru. Ikan asap selais merupakan ikan selais yang diasapi selama kurang lebih delapan jam baru kemudian diolah menjadi lauk sesuai selera.

Biasanya warga Pekanbaru akan mengolahnya dengan cara digoreng, digulai atau dipindang. Ikan asap selais juga seringkali dijadikan oleh-oleh karena banyak yang menjualnya dengan cara dikemas, kamu bahkan bisa membelinya di pasar. ***