PEKANBARU - Sebanyak 750 prajurit TNI dari Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL) dan Angakatan Udara (AU) serta organisasi dan kepolisian, bakal memeriahkan HUT TNI ke 72 di Provinsi Riau. Adapun puncak HUT itu bakal digelar di Jalan Gajahmada Kota Pekanbaru.

Tentunya nanti bakal ada hampir seribuan personel akan berbaris rapi memenuhi Jalan Gajahmada, Kota Pekanbaru tempat perayaan HUT TNI digelar, yang rencananya dijadwalkan pada Kamis (5/10/2017) pagi lusa. Segala persiapan sudah dilakukan, termasuk memasang tenda tempat para undangan nanti.

Bahkan TNI sudah melakukan persiapan diantaranya gladi pada Selasa (3/10/2017) pagi tadi hingga siang. Tujuannya untuk mematangkan persiapan saat puncak perayaan lusa nanti. Itu diutarakan oleh Letkol Laut (KH) Saiful Simanjuntak, SH, MH selaku perwira pelaksana.

Untuk pasukan yang mengikuti acara puncak nantinya terdiri dari prajurit AD, AU dan AL serta pihak-pihak lainnya, mulai dari Ormas (Organisasi Massa), Forkopimda dan sebagainya, dengan jumlah sekitar 750 personel, termasuk aparat kepolisian.

Letkol Saiful menjelaskan, pada hari H nanti pimpinan TNI di Riau tidak bisa mengikuti acara tersebut, karena mengikuti acara puncak di Cilegon. "Jadi tidak ada di tempat, karena ke Cilegon, Danrem dan danlanud serta Danlanal," Jelasnya diwawancarai GoRiau.com.

Karena dilakukan gladi, ruas Jalan Gajahmada Pekanbaru terpaksa ditutup sejak pagi tadi hingga siang. Sedangkan besok (Rabu, red), jalan tersebut kembali bisa digunakan secara normal, dan kembali ditutup sementara pada Kamis, saat HUT digelar.

Tampak pengendara yang hendak menuju ke Jalan Gajahmada (Dari Jalan Jenderal Sudirman, red) dialihkan lurus menuju Flyover Jalan Nangka. Sedangkan yang dari arah Jalan Diponegoro juga ditutup sementara saat gladi digelar. ***