JAKARTA - Timnas Jerman secara mengejutkan kalah dari Jepang pada pertandingan pertama Grup E Piala Dunia 2022. Pertandingan Jerman vs Jepang pada Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Stadion Internasional Khalifa, Rabu (23/11/2022) malam WIB, tuntas dengan skor 1-2 bagi kekalahan Der Panzer.

Pasukan Hansi Flick tersebut sejatinya membuka keunggulan terlebih dahulu melalui tendangan penalti Ilkay Guendogan pada menit ke-33. Jepang lalu bangkit dan mencetak dua gol pada babak kedua lewat aksi Ritsu Doan (75') dan Takuma Asano (83').

Dengan kemenangan ini, Samurai Biru (julukan timnas Jepang) menempati peringkat kedua klasemen Grup E Piala Dunia 2022 dengan catatan tiga poin. Poin Jepang sebenarnya sama dengan Spanyol yang memuncaki klasemen. Namun, Spanyol berhak berada di posisi teratas karena unggul agresivitas gol.

Sementara itu, Jerman dan Kosta Rika berurutan menghuni peringkat ketiga dan keempat klasemen Grup E tanpa perolehan poin. Terdapat beberapa fakta menarik setelah kekalahan Jerman dari Jepang. Berikut 7 fakta menarik pertandingan Jerman vs Jepang:

1. Jerman kalah pada laga Piala Dunia setelah mereka memimpin pada babak pertama untuk pertama kalinya sejak 1978 (kalah 2-3 dari Austria). Sebelum takluk dari Jepang, Jerman tak terkalahkan dalam 21 pertandingan.

2. Untuk pertama kalinya dalam sejarah timnas Jerman, tim berjuluk Der Panzer itu kalah beruntun dalam dua pertandingan pembuka mereka di Piala Dunia. Sebelumnya, Jerman kalah 0-1 pada laga pertama mereka di Piala Dunia 2018 (kontra Meksiko).

3. Ini merupakan kemenangan pertama Jepang atas Jerman. Sebelumnya, Jepang kalah 0-3 dan bermain imbang 2-2 melawan Jerman pada laga persahabatan.

4. Jepang memenangi laga Piala Dunia untuk pertama kalinya setelah kebobolan lebih dulu. Dalam situasi yang sama sebelumnya, Jepang mencatatkan 11 kekalahan dan 2 kali imbang.

5. Kiper Shuichi Gonda membuat delapan penyelamatan pada laga ini. Terbanyak bagi kiper Jepang setelah Yoshikatsu Kawaguchi melawan Brasil pada 2006 (10).

6. Melalui Ritsu Doan dan Takuma Asano, Jepang menjadi tim pertama di mana dua pemain penggantinya mencetak gol dalam satu pertandingan Piala Dunia melawan Jerman.

7. Lima pemain Jepang yang menjadi starter pada laga ini juga bertanding di Jerman, yakni Ko Itakura (Borussia Moenchengladbach), Maya Yoshida (Schalke), Wataru Endo (Stuttgart), Ao Tanaka (Fortuna Dusseldorf), dan Daichi Kamada (Eintracht Frankfurt). Selain itu, dua pemain cadangan yang mencetak gol juga bertanding di Jerman. Ritsu Doan membela klub Freiburg, sedangkan Takuma Asano memperkuat VfL Bochum.***