SOLOK -- Bencana tanah longsor terjadi di lokasi tambang emas di Nagari Abai, Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat (Sumbar), Selasa (12/1/2021) malam, sekitar pukul 21.00 WIB.

Dikutip dari Inews.id, enam orang penambang emas dilaporkan tertimbun longsor. Dua diantaranya ditemukan tewas dan dua selamat. Sedangkan dua korban lainnya belum ditemukan.

''Dua orang ditemukan selamat tapi luka-luka. Kemudian dua orang ditemukan dalam keadaan meninggal dunia, sementara dua orang lagi masih tertimbun,'' kata Kasi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Solok Romi Afrizal, Rabu (13/1/2021).

Dituturkan Romi, tim gabungan yang dikerahkan, baik dari BPBD TNI dan Poliri dibantu masyarakat masih melakukan pencarian kedua korban yang belum ditemukan.

''Tim gabungan sedang mengupayakan pencarian kedua korban,'' ujarnya.

Sementara Kepala Kantor Badan Pertolongan Padang, Asnedi mengatakan, pihaknya menurunkan lima orang rescuer dari Kantor Basarnas Padang dan seorang potensi SAR Padang yang berangkat hari ini. 

''Para penambang itu melakukan aktivitas di lokasi kejadian tambang emas longsor. Kemudian, saat hendak keluar dari area tambang, terjadi longsor yang menutup pintu keluar. Akibatnya para penambang tertimbun longsor,'' katanya.***