PEKANBARU, GORIAU.COM - Kabut asap masih menyelimuti Ibu Kota Provinsi Riau, Pekanbaru. Namun kampanye akbar lima pasang calon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau 2013 pada lima lokasi di daerah ini tetap dilaksanakan.

Kampanye terakhir, Sabtu sore (31/8/2013), bagi lima pasangan ini dilaksanakan di tempat-tempat terpisah namun masih di Kota Pekanbaru.

Menurut pantauan, sebagian besar Kota Pekanbaru masih diselimuti kabut asap sisa kebakaran hutan atau lahan di Riau. Namun Annas Mamun tetap bernyanyi ria, Lukman Edy menyauarakan visi misi, dan Herman Abdullah serta Achmad dan Jon Erizal terus menyapa massa pendukungnya.

Kondisi kabut asap kali ini memang tidak separah beberapa hari sebelumnya dimana jarak pandang pada hari iniberlahan sudah berada di atas seribu meter.

"Kabut asap di Pekanbaru disebabkan masih adanya kebakaran lahan di beberapa wilayah kabupaten di Riau," kata Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Agus Wibowo dihubungi di Pekanbaru.

Seperti diketahui, bahwa belumnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau sebelumnya telah menetapkan lima pasang peserta Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau periode 2013-2018, yakni Herman Abdullah berpasangan dengan Agus Widayat nomor urut 1; Annas Maamun dengan Arsyadjuliandi Rachman (nomor urut 2); Lukman Edy-Suryadi Khusaini (nomor urut 3), Ahmad-Masrul Kasmy (nomor urut 4); dan Jon Erizal-Mambang Mit (nomor urut 5).

KPU juga menetapkan jadwal kampanye bagi lima pasangan ini, yakni mulai Minggu (18/8) hingga Sabtu (31/8) yang terbagi dalam lima zona terdiri atas 13 kabupaten/kota pada pilkada yang digelar pada hari Rabu (4/9).

Sementara untuk puncak kampanye di hari terakhir ini, Cagub Herman Abdullah kampanye di Lapangan Bukit, Kecamatan Senapelan, dan Annas Maamun di Lapangan Purna MTQ Bandar Serai, Kecamatan Bukit Raya.

    

Lukman Edy berkampanye di Lapangan Jalan Belimbing, Kecamatan Sukajadi, dan Cagub Ahmad di Lapangan Hang Tuah, Kecamatan Tenayan Raya, serta Cagub Jon Erizal di lapangan Politeknik Caltex, Kecamatan Rumbai.(fzr)