JAKARTA -- Anda mungkin pernah mengalami mobil yang sedang dikendarai di tanjakan mendadak kehilangan tenaga. Kondisi ini tentu sangat mencemaskan dan bahkan bisa menimbulkan kepanikan, sebab berisiko membahayakan.

Ada sejumlah hal yang menyebabkan mobil mendadak kehilangan tenaga saat melaju di tanjakan, berikut ulasannya seperti dikutip dari detikcom yang merangkum dari berbagai sumber:

1. Masalah pengapian 

Masalah pengapian menjadi salah satu penyebab turunnya performa mesin. Kondisi busi yang kurang baik menyebabkan proses pengapian menjadi tidak maksimal.  

Untuk mengatasi masalah tersebut Anda bisa membersihkan busi yang kotor atau menggantinya dengan baru bila di dapati sumbu elektroda yang sudah mulai renggang atau aus.

 2. Filter bahan bakar 

 Filter bahan bakar memegang peranan penting dalam menyaring suplai BBM. Sebab itu, filter bahan bakar harus selalu dijaga dalam kondisi baik. Jika filter bahan bakar kotor atau tersumbat, pasokan bahan bakar mesin akan terganggu sehingga mengalami penyumbatan yang dapat mengakibatkan  mesin susah dihidupkan. 

3. Filter udara 

Part filter udara juga memiliki fungsi sangat penting, yaitu untuk menyaring  udara yang masuk ke mesin. Kompondn ininpenting untuk membantu proses pembakaran.  

Jika filter udara kotor akan terjadi penyumbatan yang menghalangi aliran udara. Sebab itu, segera ganti dengan yang baru.

4. Kualitas bahan bakar 

Mesin mobil saat ini memiliki spesifikasi tinggi untuk menghasilkan tenaga besar, irit dan ramah lingkungan. Sebab itu mobil sekarang membutuhkan oktan tinggi terlebih mobil yang sudah berstadar euro 4 atau bermesin turbo. 

Jika Anda mengisi BBM tidak sesuai mengisi oktan bisa membuat mesin mobil kurang bertenaga dan mengelitik. Jika dilakukan berulang-ulang mobil bisa cepat rusak. 

Sebab itu,  usahakan selalu menggunakan bahan bakar yang berkualitas dan sesuaikan dengan rekomendasi pabrikan. 

5. Mesin Belum Diservis 

Seperti diketahui mesin merupakan penggerak utama mobil. Masalah pada mesin menjadi salah satu penyebab kendaraan kurang bertenaga.  

Bisa jadi mobil Anda terlalu panas atau overheat dan throttle body yang terdapat pada mobil sudah kotor. Untuk mengatasi masalah ini, lakukan tune up (servis) di bengkel terdekat untuk memberisihkan komponen yang kotor.  

Tak lupa untuk performa maksimal Anda bisa menguras air radiator dan memakai water coolant khusus yang memiliki tingkat didih tinggi. Ganti pula oli mesin dan filter oli dengan yang baru.***