BENGKALIS - Politeknik Negeri Bengkalis kehadiran Kepala Pusat Sukan (Sports Center) Universiti Teknologi Mara Malaysia (UiTM), Zamri bin Abdul Kahar. Kehadiran pihak UiTM ini untuk membicarakan event Ekspedisi Kayak Nusantara Riau 2018 yang akan digelar 21-25 Juli 2018.

Wadir III Polbeng Teguh Widodo mengatakan, Ekspedisi Kayak Nusantara ini diselenggarakan oleh Sports Center UiTM, dalam rangka memecahkan Malaysian Book of Records dimana 100 kayak akan didayung sejauh 60 kilometer dari perairan Port Dickson ke Malaka dan berakhir di Johor.

"Selanjutnya 20 kayak akan melanjutkan perjalanan hingga melewati perbatasan perairan Malaysia-Indonesia dan akan berlabuh di Pulau Bengkalis," ungkap Teguh.

Teguh menambahkan pertemuan perwakilan UiTM kemarin untuk meminta bantuan Polbeng sebagai fasilitator untuk menjemput rombongan UiTM yang berjumlah 220 orang, terdiri dari mahasiswa dan pimpinan, karena mereka berencana akan berkemah di area kampus Polbeng dan melaksanakan beberapa kegiatan selama di Bengkalis.

"Salah satu kegiatan yang dilaksanakan diantaranya pengabdian masyarakat, pertandingan persahabatan dan malam pertukaran budaya. Rencananya tanggal 21-23 Juli mendatang rombongan akan berada di Muar, kemudian pada 23-25 Juli mereka akan berada di Bengkalis," jelas Teguh.

Teguh memaparkan rangkaian kegiatan akan dimulai dengan penyambutan rombongan UiTM di Pelabuhan Selatbaru pada tanggal 23 Juli Mendatang, dilanjutkan dengan Muhibah Polbeng bersama UiTM di Kampus Polbeng pada malam harinya.

Kemudian keesokan harinya, tanggal 24 Juli, akan diadakan kegiatan pengabdian dan pengenalan budaya Kabupaten Bengkalis dengan melakukan penanaman bibit mangrove dan kunjungan bakti sosial ke Makam Bersejarah Panglima Minal di Desa Air Putih.

Di hari yang sama, rombongan akan dibawa ke Kampung Zapin, Meskom. Malam harinya, kedua pihak akan melakukan acara pertukaran budaya di Balai Kerapatan Adat Bengkalis sebelum kembali pulang ke Malaysia tanggal 25 Juli.

Sementara itu Direktur Polbeng, Muhamad Milchan menyambut baik kerjasama ini yang merupakan kali pertama dilaksanakan dan diharapkan kedepannya Polbeng lebih dikenal secara luas.

Selain Polbeng, pelaksanaan kegiatan ini juga bekerjasama dengan Konsulat Kedutaan, Dinas Pariwisata Provinsi Riau, dan TNI Angkatan Laut yang akan melakukan pengawalan ketika rombongan UiTM telah melewati perbatasan.

Hal ini sesuai dengan hasil diskusi kunjungan pihak UiTM bersama dosen Polbeng ke Kantor Konsulat Malaysia di Pekanbaru, beberapa waktu lalu. ***