BANGKINANG - Badan Penanggulangan Bencana Darah (BPBD) Kabupaten Kampar telah melakukan pendingin terhadap kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Kecamatan Tambang, Kamis (5/9/2019). Pihak BPBD Kampar ini juga mengklem telah memadamkan api 190 hektare kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di wilayah Kampar.

"Untuk fire spot di beberapa titik yang rawan tinggal pendinginan, terakhir di Rimbo Panjang, dibantu mobil pendamam kebakaran. Untuk siang ini ada api di daerah Kecamatan Tambang. Api yang telah kita padamkan di wilayah Kampar 190 hektare," kata Kepala Operasi BPBD Kampar, Edi Chandra Lukita, Kamis (5/9/2019).

Namun Edi Chandra mengungkapkan penanganan kebakaran saat ini yang terjadi di wilayah lainnya cukup nihil, dikarenakan tidak adanya sumber air. Namun sudah melakukan koordinasi dengan Damkar Kampar dan Damkar Kota.

"Mengingat banyak juga kebakaran yang tidak bisa kami jangkau, kami melakukan koordinasi dengan Damkar Kampar dan kota. Karena tidak ada sumber air di tempat kebakaran lainnya. Dan kita juga telah dibantu Satgas lainnya," ungkapnya.

Dan adapun data dari BPBD Provinsi Riau yang dihimpun, kebakaran yang terjadi sejak Januari 2019 hingga September 2019 ini, kebakaran terjadi di wilayah Kabupaten Kampar, yakni seluas 215.53 hektare lahan dan hutan. ***