PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru akan menggelar vaksinasi Covid-19 serentak pada 14 Januari 2021 mendatang. Vaksinasi gelombang pertama ini ditujukan untuk tenaga medis dan tokoh masyarakat Kota Pekanbaru.

Hal ini sebagaimana diungkapkan Walikota Pekanbaru Firdaus, Senin (11/1/2021). Menurutnya, vaksinasi secara nasional akan diberikan pertama kepada Presiden RI Joko Widodo pada 13 Januari. Kemudian dilanjutkan secara serentak di setiap daerah pada 14 Januari. 

"Vaksinasi gelombang pertama ini untuk tenaga medis, meskipun demikian ada juga dijatahkan untuk beberapa tokoh publik. Tujuannya untuk memotivasi warga," ujarnya.

Ia menjelaskan, tokoh masyarakat yang akan divaksin adalah kepala daerah, Forkopimda, pimpinan organisasi keagamaan, kemudian petugas kesehatan.

"Tetapi saya tidak ikut ya. Karena aturan vaksin mengatakan bahwa yang berusia diatas 60 tahun dan di bawah 17 tahun belum bisa divaksin. Nanti pelaksanaannya di tempatkan di Puskesmas Rejosari," terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru M Noer menjelaskan lebih lanjut bahwa penerima vaksin akan menjalani screening lebih dahulu. Oleh karenanya mereka harus berpuasa minimal 8 jam atau sekitar 10 jam sebelum divaksin.

"Screening itu untuk mengecek dulu keadaan fisik calon penerima vaksin, kalau ada penyakit bawaan, yang diajukan namanya bisa jadi batal untuk menerima vaksin untuk menghindari efek sampingnya," jelasnya.

Noer memaparkan, proses vaksinasi juga akan dilakukan di 21 Puskesmas dan RSD Madani Pekanbaru. Masing-masing Puskesmas sudah disiapkan tim vaksinasi yang terdata hingga ke pusat.

"Masing-masing Puskesmas ada 3 yang akan menjadi tim dan didata sampai nasional. Kemudian ada juga dari dinas sendiri dan RSD Madani, dan semua sudah disiapkan timnya, nama-namanya," pungkasnya.***