KAMPAR, GORIAU.COM - Entah karena tak ada target lain, pencuri yang satu ini nekat mencuri VCD player milik Mesjid Mustaqqim, Desa Tanjung Berulak, Kecamatan Kampar, Kabupaten Kampar, Riau. Peristiwa itu terjadi Jumat (9/11/2012) pagi.

Hilangnya VCD player ini pertama kali diketahui oleh garim ketika sedang membersihkan area mesjid. Ketika itu, garim yang bernama Laghoni, sedang asyik bersih-bersih, namun saat akan membersihkan peralatan mesjid, dia tak melihat VCD player yang biasanya diletakkan di sudut mesjid tepat dekat peralatan pengeras suara yang biasanya digunakan untuk azan dan lain-lain.

Melihat harta mesjid hilang, garim langsung memberi tahu warga. Namun kecurigaan langsung mengarah kepada seorang pelajar yang dilihatnya saat bangun dan akan membersih mesjid.

Waktu garim masuk mesjid, ada seorang pemuda di dalam, saat garim bertanya, pemuda yang masih berstatus pelajar itu hanya menjawab, ''numpang tidur-tiduran''.

Karena menilai semua orang baik, lalu garim membiarkan sang pemuda tidur-tiduran di dalam mesjid dan dia pun melanjutkan pekerjaannya seperti biasa. Namun berselang beberapa waktu, dia sudah tak melihat sang pemuda di dalam mesjid, dan saat membersihkan peralatan, ternyata VCD player sudah tidak ada di tempatnya.

Karena ciri-ciri pelaku sudah terdeteksi, akhirnya warga yang mendengar kejadian itu, langsung melakukan pencarian, dan pelaku langsung dibekuk karena masih berada di kampung itu.

Setelah diinterogasi, pelaku yang berinisial NS (16 tahun) ini ternyata masih tercatat sebagai seorang pelajar di salah satu sekolah di Danau Bingkuang. Warga yang geram dengan ulah pelaku lantas menggelandang pencuri ini ke Mapolsek Kampar.

Kapolres Kampar AKBP Trio Santoso didampingi Kapolsek Kampar AKP Indra Rusdi ketika dikonfirmasi, Jumat pagi (9/11/2012) mengatakan, sudah mengamankan pelaku.

''Peristiwanya terjadi sekitar 08:30 WIB. Pelaku beralamat di Desa Kualu Nenas, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar. Sekarang pelaku sudah kita amankan di Mapolsek Kampar,'' ujar Trio Santoso. (rif)