BAGANSIAPIAPI – Sebanyak 282 orang Jamaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Rokan Hilir, mengikuti manasik haji di Gedung Serba Guna Haji Misran Rais, Bagansiapiapi.

Kegiatan ini dibuka secara resmi dibuka Bupati Rohil, Afrizal Sintong, Senin (6/5/2024)

Ikut hadir dalam kesempatan itu Ketua Penggerak PKK Rohil, Sanimar Afrizal Sintong, Wabup Rohil H Sulaiman, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rohil H.Khairul SAg dan Forkopinda Rohil, serta pejabat Pratama di lingkungan Pemkab Rohil.

Manasik haji tahun 2024 kali ini mengambil tema : Mewujudkan Jamaah Haji yang Mandiri, Berkualitas dan Ramah Lansia Menuju Haji Mabrur.

Dipaparkan Kakan Kemenag Rohil, H Khairul SAg, JCH asal Rohil pada tahun ini sebanyak 282 orang JCH.

Awalnya tercatat sebanyak 280 orang. Namun belakangan ada penambahan kuota sebanyak 2 orang. Sehingga totalnya berjumlah 282 orang. Dari jumlah itu, sebanyak 127 orangasalah jamaah laki-laki dan jamaah perempuan sebanyak 153 orang

Nantinya, para JCH asal Rohil tergabung pada Kloter 14 Embarkasi Batam.

"Secara administrasi, semua sudah clear. Tinggal pembagian tas koper untuk keberangkatan jamaah," terangnya.

Jaga Kekompakan

Sementara itu, Bupati Rohil Afrizal Sintong dalam sambutannya meminta para JCH asal Rohil menjaga kekompakan, kesehatan dan nama baik Rokan Hilir.

"Saya mengimbau semua jamaah menjaga kesehatan, kekompakan, saling membantu, sesuai dengan tema manasik tahun ini," ujar Afrizal Sintong.

Bantu Uang Saku

Ditambahkannya, sama halnya dengan tahun lalu, Pemkab Rohil pada tahun ini tetap memberikan bantuan berupa beberapa fasilitas untuk para JCH. Demikian juga uang saku sebesar 150 Rial Saudi Arabia kepada setiap JCH.

"Ketika berada di Tanah Suci, tolong doakan keselamatan kampung halaman kita, agar dirahmati Allah SWT, " harapnya.

Terpisah, Plt Kabag Kesra Setdakab Rohil, Rinawati menerangkan, semua JCH Rohil diinapkan di Bagansiapiapi, selama proses manasik berlangsung.

"Sedangkan untuk pemateri, selain dari Kemenag Rohil juga ada dari Pekanbaru, " terangnya.

Pada musim haji kali ini, JCH tertera tercatat atas nama Zauwiyah Kocik Sembai dari Kecamatan Kubu, yang berusia 81 tahun. Sedangkan JCH termuda adalah Azzahra (20) dari Kecamatan Tanah Putih. ***