TEMBILAHAN – Pj.Bupati Indragiri Hilir, Herman, mengingatkan para Jamaah Calon Haji (JCH) untuk memanfaatkan waktu beribadah di Tanah Suci dengan sebaik mungkin.

Hal itu disampaikannya saat membuka bimbingan manasik untuk JCH asal Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) untuk Musim Haji 1445 H/2024 M tahun ini. Kegiatan itu dipusatkan di Mesjid Al-Huda Tembilahan, Senin (6/5/2024).

Untuk diketahui, total JCH asal Kabupaten Inhil pada tahun ini sebanyak 605 peserta. Dari jumlah itu, sebanyak 249 orang adalah pria dan wanita sebanyak 356 orang.

Kegiatan tersebut juga dihadiri unsur Forkopimda, Plt Kepala Kanwil Kemenag. Riau Dr H Muliardi, MPd. I, Kepala Kesehatan Pelabuhan, Kepala Dinas Perhubungan Inhil, Kabag Kesra Setda Inhil serta Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) dan pihak-pihak terkait.

Dalan sambutannya, Pj Bupati Herman mengingatkan para JCH untuk memanfaatkan waktu beribadah dengan sebaik-baiknya, saat sudah berada di Tanah Suci nantinya.

"Ini merupakan momentum penting untuk diketahui oleh para jamaah. Karena, ibadah haji ini tidak hanya ilmu fiqih saja, tapi juga ilmu tauhid," terang Herman.

Dibantu Pemkab

Untuk diketahui, untuk keberangkatan JCH Inhil akan dibagi menjadi tiga kelompok terbang. Dari Inhil para JCH diberangkatkan ke Embarkasi Batam, Provinsi Kepulauan Riau. Selanjutnya, mereka langsung bertolak menuju Tanah Suci.

Menurut Herman, seluruh biaya keberangkatan dari Kota Tembilahan menuju Embarkasi Batam, ditanggung oleh pemerintah kabupaten Indragiri Hilir.

"Seluruh biaya pemberangkatan menuju Embarkasi Batam semuanya digratiskan oleh Pemda Inhil. Ini adalah bentuk perhatian Pemda terhadap Jamaah Calon Haji asal Kabupaten Indragiri Hilir ini," sebut Herman.

Sementara itu, jadwal pemberangkatan menuju embarkasi dibagi menjadi tiga kali pemberangkatan, sesuai dengan kloter masing-masing. Para JCH bertolak dengan menggunakan kapal. Fitra Andriyan

Berikut Jadwal Pemberangkatan JCH Inhil menuju Embarkasi Batam

1. Pemberangkatan pertama tanggal 14 Mei 2024. Mereka adalah JCH yang tergabung dalam Kloter 4 Emberkasi Batam (BTH) dengan jumlah sebanyak 442 orang JCH.

2. Pemberangkatan kedua tanggal 17 Mei 2024. Mereka adalah JCH yang tergabung di Kloter 7 Emberkasi Batam (BTH), sebanyak 142 orang.

3. Pemberangkatan ketiga tanggal 25 Mei 2024. Mereka adalah yang tergabung dalam Kloter 14 Emberkasi Batam (BTH) sebanyak sebanyak 21 orang. ***