PEKANBARU - Ribuan umat Islam se-Riau mulai melakukan longmarch menuju Mapolda Riau, Jumat (4/11/2016) siang. Di tengah-tengah barisan, ada Kapolda Riau, Brigjen Zulkarnain dan jajarannya, hingga Kapolresta Pekanbaru.

Sesuai yang diprediksi, ada ribuan umat Islam turun ke jalan, tuntut Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok diadili lantaran diduga menistakan agama dan kitab suci Alquran.

Baca Juga: Kapolda Riau Ikut Jalan Kaki Bersama Ribuan Umat Islam di Pekanbaru

Yang bikin merinding, massa yang turun ke jalan membeludak. Bahkan longmarch mereka hingga mencapai hampir satu kilometer panjangnya. "Allahuakbar! Baru kali ini lihat demo seramai ini," ungkap Ismail, warga sekitar yang menyaksikan langsung.

Baca Juga: Kapolresta Pekanbaru Ingatkan Anggotanya Agar Waspadai Penyusup saat Demo Ahok

Tidak cuma itu, ribuan massa tak henti-hentinya meneriakkan takbir. Sepanjang longmarch, massa terus bertambah. Bahkan warga yang menonton memutuskan bergabung dalam barisan.

Pantauan GoRiau.com, massa terus bertambah. Ada pula yang datang serombongan, dengan taksiran ratusan orang memakai sepeda motor. Saat ini ribuan umat Islam berjalan kaki menuju bundaran Zapin, Kota Pekanbaru.

Terlihat pula ratusan aparat berwajib mengawal unjuk rasa tersebut. Sejumlah ruas jalan juga ditutup dan dialihkan. Ribuan umat Islam tersebut tak memperdulikan teriknya panas matahari. ***