PEKANBARU - 47 unit rumah susun tipe 36 dengan luas lima hektar lebih, tengah dibangun untuk personil Polri, di Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) Provinsi Riau. Rusun itu terdiri dari tiga lantai dan nantinya diisi lengkap, tak hanya air dan listrik.

Rumah susun ini berada persis di belakang Mapolres Rohul, dengan perencanaan, lantai 1 terdiri 15 unit, lantai 2 terdiri 16 unit dan sisanya berada di lantai 3. Targetnya, Rusun tersebut ditargetkan selesai pada Desember 2016 mendatang, hingga bisa langsung ditempati personil.

"Ini untuk peningkatan kesejahteraan anggota. Tidak hanya di sini, kita juga membangun di daerah lain, seperti Satbrimobda Cikeas, Satbrimobda Purwakarta, Polres Banyuasin, Polres Gunung Sitoli dan di Polres Natuna," kata Karo Faskon Sarpras Mabes Polri, Brigjen Alfons Toluhula.

Pembangunan Rusun tersebut ia nilai penting untuk mendukung kelancaran tugas dan fungsi kepolisian. "Salah satu faktornya ketersediaan sarana dan prasarana, mulai dari perorangan, perlengkapan lapangan hingga rumah," sambung dia, Rabu (24/8/2016) di Rohul.

Program tersebut tentu diapresiasi penuh Kapolda Riau, Brigjen Supriyanto. Sebab, Polda Riau sampai kini baru memenuhi 17,4 persen bangunan, dari total personil dan PNS yang bertugas. "Kita baru punya 1.877 unit, di mana 30 persennya rusak ringan," beber Kapolda.

"Selain di Rohul, kini juga sedang dibangun rumah khusus sebanyak sembilan unit di Polsek Sei Apit, di mana delapan unit tipe 36 dan satu unit tipe 50," ulas Supriyanto kepada GoRiau.com, ulai peletakan batu pertama pembangunan Rusun ini di Rohul.

Peletakan batu pertama tersebut juga dihadiri Kasatker penyediaan Rusun Kementrian PU RI, Erizal, Brigjen Alfons, Brigjen Supriyanto, Irwasda Kombes Achmad Nurda Alamsyah serta pejabat utama Polda Riau lainnya, didampingi pula oleh Kapolres Rohul, AKBP Yusup Rahmanto. ***