JAKARTA - Massa ormas Islam akan melakukan unjuk rasa terkait pernyataan Gubernur DKI Basuki T Purnama (Ahok) soal surat Al-Maidah ayat 51, Jumat 4 November nanti.

Ketua Umum Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab menjamin demo tersebut aman. Hal itu diungkapkan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M Iriawan usai jumpa pers soal obat-obatam dan jamu ilegal di kawasan Cakung, Jakarta Timur, Jumat (28/10/2016).

"Habib menjamin unjuk rasa akan tertib, aman dan terkendali," ujar Irjen Iriawan.

Pihak kepolisian sendiri telah bertemu dengan Habib Rizieq dan sejumlah perwakilan massa yang akan berunjuk rasa di depan Istana Merdeka nanti.Ada beberapa kesepakatan yang juga sudah disepakati oleh FPI dan pimpinannya itu.

"Kita bukan perjanjian, kita diskusi. Karena menurut yang disampaikan Habib Rizieq, dia akan memimpin," ungkap Iriawan.

Mantan Kadiv Propam Mabes Polri ini juga sudah meminta Habib Rizieq untuk menenangkan massanya."Saya akan meminta yang bersangkutan untuk memimpin seperti yang kemarin, supaya masyarakat tenang," lanjut Iriawan.

Massa sendiri rencananya akan melakukan longmarch dari Masjid Istiqlal hingga ke lokasi demo."Demo nanti ke Istana Presiden kemungkinan bisa ke Balai Kota dan Bareskrim. Tapi terakhir yang saya tahu dari Istiqlal langsung ke Istana Presiden, long march," pungkasnya.

Polda Metro Jaya telah menyiapkan 8000 personel untuk mengawal dan mengamankan massa selama aksi demo berlangsung. ***