PEKANBARU - Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) Riau, T Zulmizan Assegaf mengingatkan Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PAN Rohul, Syahril Topan karena nekat maju di Pilkada Rohul lewat partai lain.

Seperti yang diketahui, Syahril Topan yang juga Wakil Ketua DPRD Rohul ini berencana ingin maju di Pilkada Rohul mendampingi Hamulian. Paslon ini bahkan sudah mendapatkan Surat Keputusan (SK) dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP).  

Hal ini, kata Zulmizan, pasti akan dicermati dan akan disikapi sesuai aturan organisasi internal PAN. Sebab, untuk Pilkada Rokan Hulu DPP PAN telah membuat keputusan mengusung pasangan Hafith Syukri dan Erizal. 

"Seluruh struktur, komponen dan kader PAN wajib tunduk dan patuh terhadap keputusan tersebut dan ikut memenangkannya. Bagi yang membangkang, tentu ada sanksinya," kata Zulmizan kepada GoRiau.com, Jumat (21/8/2020).

Apalagi Topan, tegas Zulmizan, adalah seorang Ketua DPD, yang mana seharusnya memberi komando pemenangan, bukannya komando pembangkangan terhadap keputusan partai.

PAN tentunya tidak mau ambisi-ambisi dan agenda pribadi Topan akan merugikan kepentingan partai. Karena agenda-agenda yang menyangkut pemenangan Pilkada harus segera dilaksanakan, seperti pembentukan koalisi dan tidak lama lagi pendaftaran calon ke KPUD.

"Maju di Pilkada hak politik saudaraku M Syahril Topan yang kami dihargai. Tapi jika tidak sejalan dengan kebijakan partai, tentu ada konsekuensinya. Semua partai begitu," tuturnya.

Zulmizan menyarankan, jika Topan memang serius maju dari partai lain, sebaiknya secara sportif mengundurkan diri dari jabatan Ketua DPD PAN Rokan Hulu, supaya struktur partai tidak tersandera oleh jabatannya.

"Dan agenda politik pribadinya juga bisa bebas dia laksanakan. Mengundurkan diri lebih terhormat daripada dimundurkan yang lumayan panjang proses dan prosedurnya," ujarnya.

Pun begitu, majunya Topan di Pilkada Rohul masih sebatas indikasi dan belum benar-benar pasti. Paslon Hamulian - Top (Hartop) juga belum punya kursi yang cukup. Namun jika indikasinya semakin jelas, PAN akan segera bersikap.

"Kalau indikasinya semakin jelas, maka kami akan segera mengkomunikasikannya dengan DPP PAN agar segera disikapi," pungkasnya. ***