NUSA DUA - Langkah pasangan ganda campuran Indonesia, Zachariah Josiahno Sumanti/Hediana Julimarbela terhenti di babak kedua Turnamen Bulutangkis Indonesia Masters 2021. Dalam laga yang berlangsung di Bali International Convention Centre & Westin Resort, Nusa Dua, Bali, Kamis (18/11/2021), Zacha/Bela ditaklukkan wakil Korea Selatan (Korsel).

Adalah duet Negeri Ginseng, Ko Sung Hyun/Eom Hye Won yang sukses mengalahkan wakil tuan rumah dengan skor 21-18, 21-15 dalam tempo 42 menit.

"Pada pertandingan tadi, kami kalah pengalaman dan jam terbang. Lawan cukup bagus dan padu," ungkap Zacha usai berlaga.

Menurutnya, pola permainan dan pertahanan lawan cukup solid, sehingga dirinya sulit untuk mengambil kesempatan menyerang untuk menghasilkan poin. "Saya hanya mencoba bermain maksimal saja," imbuhnya.

Sedangkan Bela mengaku sebenarnya sudah tampil terbaik. Tetapi belum beruntung. Keduanya memang sempat mengejar ketertinggalan di gim pertama, hanya serangan mereka kurang konsisten.

"Kami sudah maksimal bermain dan kompak, tapi kurang beruntung. Selain itu, konsistensi menyerang dan bertahan masih kurang," ujar Bela.

Menyoal kondisi lapangan dan shuttlecock yang kerap dikeluhkan peserta, bagi Zacha/Bela situasi itu tidak masalah. "Memang shuttlecock berat, tapi bagi kami tidak masalah," kata Zacha.

Ke depannya, Zacha/Bela mencoba untuk mengubah pola permainan dan mengantur kembali strategi serta koordinasi di lapangan. "Kita terus melakukan perbaikan. Mau dalam kondisi cedera atau kurang fit, tidak bisa dijadikan alasan. Yang penting tampil yang terbaik," tukas Zacha.

Zacha/Bela melangkah ke babak kedua setelah menundukkan pasangan Selandia Baru, Oliver Leydon-Davis/Anona Pak. Sedangkan ganda campuran Korea, Ko/Eom sebelumnya mengandaskan unggulan ketujuh asal Prancis, Thom Gicquel/Delphine Delrue.

Dengan kemenangan itu, di babak perempatfinal, Ko/Eom ditantang unggulan keempat asal Inggris, Marcus Ellis/Lauren Smith. ***