PEKANBARU - Juru Bicara Penanganan Covid-19 di Provinsi Riau, dr Indra Yovie mengatakan ada lima kabupaten dan kota di Riau yang berisiko mengalami lonjakan pasien Covid-19.

"Ada lima daerah yang harus mewaspadai lonjakan kasus positif, daerah ini masuk zona merah dan kasus Covid-19 di wilayah tersebut terus mengalami peningkatan. Yaitu Kota Pekanbaru, Kabupaten Siak, Rokan Hulu, Kampar dan Kota Dumai," kata Yovie di Posko Penanganan Covid-19 di Gedung Daerah Provinsi Riau, Sabtu (8/5/2021).

Salah satu bentuk waspada kata Yovie, adalah dengan menekan penyebaran Covid-19 dan menyiapkan tambahan ruang isolasi untuk mengantisipasi sewaktu-waktu pasien Covid-19 membeludak.

"Kalau terjadi lonjakan kasus positif yang harus ditangani rumah sakit, maka pemerintah daerah dan rumah sakit harus memastikan kapasitas ruangan isolasi rumah sakit maupun isolasi mandirinya tersedia. Ini untuk memenuhi kemungkinan-kemungkinan terjadinya eskalasi yang besar dari Covid-19 di Riau selama menjelang hingga setelah Lebaran," kata Yovie.

Selain itu, ia juga kembali mengimbau agar masyarakat dapat menunda mudik dan mengikuti anjuran pemerintah tentang larang mudik untuk mencegah meluasnya penyebaran Covid-19.

"Larangan mudik ini untuk mencegah penyebaran virus Covid-19, tidak ada maksud yang lain," tegasnya.

Untuk diketahui, saat ini kasus Covid-19 di Riau telah mencapai 48.433 kasus dan 1.200 orang diantaranya meninggal dunia dengan kondisi terkonfirmasi Covid-19. ***