SELATPANJANG - Seluruh wartawan dari berbagai organisasi yang bertugas di Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau kompak menjadi panitia kurban Idul Adha 1440 Hijriah/2019 Masehi.

Selain menjadi panitia, wartawan juga diberi wewenang untuk menyalurkan langsung kepada masyarakat daging kurban seekor sapi dari Pemkab Kepulauan Meranti itu.

Ketua PWI Kepulauan Meranti Ahmad Yuliar, didampingi wakilnya Syamsidir, mengungkapkan bahwa Sapi dari Pemda Kepulauan Meranti yang pelaksanaan pemotongannya diserahkan kepada Wartawan yang tergabung dari sejumlah organisasi wartawan diantaranya PWI, AJI, PWRI, PWRI-B, MOI serta pihak terkait lainnya.

"Kita sangat berterimakasih dan mengapresiasi terhadap Pemda yang telah memberikan kepercayaan ini. Semoga ini menjadi motivasi bagi kawan-kawan dan di tahun depan bisa menyisihkan rezkinya untuk berkurban," ujarnya disela-sela pemotongan hewan kurban tersebut yang dipusatkan di Kantor Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jalan Durian, Selatpanjang Kota, Kecamatan Tebing Tinggi, Kepulauan Meranti, pada Minggu (11/8/2019) siang.

Ads
Dijelas pria yang akrab disapa Amek, daging kurban tersebut di prioritaskan kepada masyarakat yang benar-benar berhak mendapatkan.

"Disini kita tidak dengan menggunakan kupon akan tetapi dengan survei ke lapangan dan mengantarkan ke masyarakat yang berhak menerima daging tersebut. Bagi kawan-kawan wartawan yang ingin mengambilnya tetap akan kita berikan, namun lebih banyak yang mengikhlaskan untuk disalurkan kepada masyarakat yang lebih layak menerimanya," ungkap Amek.

Hal senada juga disampaikan Ketua Perkumpulan Wartawan Republik Indonesia Bersatu (PWRI-B) Nurul Fadli, mengucapkan rasa terimakasihnya kepada Pemda yang telah memberi kepercayaan kepada seluruh awak media yang bertugas di Kepulauan Meranti dan organisasi yang diembannya itu.

"Alhamdulillah rekan-rekan organisasi wartawan yang berbeda-beda mudah-mudahan silaturahmi ini tetap berlanjut, semoga di tahun depan kami para rekan-rekan media pula yang bisa berkurban," ujar Fadli.

Ia juga berharap meski berbeda organisasi wartawan tapi tetap solid dan kompak dalam melaksanakan pemberitaan dan lain-lainnya.

"Semoga kekompakan ini tetap terjalin dan terus berlanjut sampai kapanpun dan setiap kegiatan apapun," harapnya.

Sementra itu, Anggota Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia, Susanto Sudarmo, mengucapkan terima kasih kepada Pemda Kepulauan Meranti melalui Bagian Humas dan Protokol Setda Kepulauan Meranti yang telah mempercayakan penyelenggaraan pemotongan hewan kurban kepada gabungan organisasi wartawan di kota sagu.

"Kegiatan seperti ini dapat memupuk solidaritas pelaku profesi jurnalistik di k Kepulauan Meranti, dalam rangka memantapkan peran mendorong pembangunan daerah di segala bidang. Disamping itu meningkatkan jiwa sosial ditengah masyarakat dan meningkatkan ketaatan kepada sang pencipta," ungkapnya.***