PEKANBARU - Moment Idul Adha seharusnya dimanfaatkan sejumlah orang di Provinsi Riau, berkumpul bersama keluarga tercinta. Namun, lain halnya dengan Satuan Tugas (Satgas) Darat Operasi Karhutla 2019 pada Idul Adha 1440 Hijriah, yang masih berjuang memadamkan api di lokasi kebakaran lahan.

Seorang Komandan Regu IV Manggala Agni Daops Dumai bernama Muhammad Nanang memposting sebuah foto di media sosialnya, dengan memegang sebuah karton bekas air mineral. Pada karton yang berwarna coklat itu tertulis "Idul Adha 1440".

Nanang terlihat melipat sepuluh jari memberikan ucapan selamat bagi masyarakat Riau yang sedang merayakan Idul Adha 1440 H. Tidak hanya Nanang, dalam foto itu terlihat seorang personil Polri dari Polres Bengkalis.

Tidak hanya Manggala Agni dan Polri terjun padamkan api, TNI, BPBD dan MPA juga bersama-sama padamkan lahan terbakar dikatakan Nanang kepada GoRiau.com.

"Sudah 7 hari kami belum ada pulang ke rumah kumpul dengan anak dan istri. Sebelum api padam, kami tidak akan pulang kembali ke rumah. Baju yang digunakan pun seadanya," kata Nanang.

Nanang mengungkapkan, dirinya bersama satgas darat lainnya memadamkan lahan yang terbakar di Desa Buluh Apo, Kecamatan Pinggir, Kabupaten Bengkalis, Riau.

"Melalui foto yang saya posting di akun Facebook pribadi, kami satgas darat mengucapkan selamat Idul Adha 1440 Hijriah. Semoga hujan turun membasahi Bumi Lancang Kuning," ungkap Nanang.

Tidak hanya di Kabupaten Bengkalis, satgas darat dan udara di kabupaten/kota lainnya di Riau pun tetap memadamkan api saat masyarakat lainnya merayakan Idul Adha bersama keluarga. ***