PEKANBARU - Walikota Pekanbaru meminta maaf kepada seluruh warga Kota Pekanbaru, atas pembatalan lelang jasa pengangkutan sampah beberapa waktu lalu. Batalnya lelang ini membuat warga harus lebih lama berada di lingkungan dengan tumpukan sampah diberbagai titik.

"Kepada seluruh masyarakat, kami Pemko Pekanbaru meminta maaf atas pelayanan yang belum nyaman," ujarnya, Rabu (27/1/2021).

Selain itu, ia menjelaskan lelang kembali akan diulang dan diusahakan pemenangnya bisa segera diputuskan. Paling tidak, pengangkutan sampah di Kota Pekanbaru sudah kembali normal pada Februari mendatang.

Sementara itu, sambil menunggu pemenang lelang untuk pengelolaan sampah, yaitu dimasa transisi ini, DLHK Kota Pekanbaru telah mengambil alihnya. Walaupun demikian, diakui bahwa pengangkutan sampah saat ini belum maksimal.

"Masa transisi ini kita belum bisa maksimal, dengan keterbatasan personil dan peralatan. Walaupun sudah berusaha semaksimal mungkin, DLHK dibantu dengan dinas terkait lainnya, seperti Dinas PUPR, camat hingga lurah," jelasnya.

Dilain pihak, Kepala DLHK Kota Pekanbaru Agus Pramono menerangkan bahwa pengajuan kembali lelang akan segera dilakukan. Dokumen lelang sendiri sedang dalam persiapan.

"Kita kembali ajukan dokumen lelang agar bisa tayang ulang sebelum akhir bulan ini," terangnya.***