PELALAWAN - Tim penilai Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Pusat, melakukan penilaian pelaksanaan program Keluarga Berencana (KB) di perusahaan perkebunan PT Sari Lembah Subur, Desa Genduang, Kecamatan Kerumutan, Kabupaten Pelalawan, Senin (4/6/2018).

Perusahaan ini memperebutkan juara program KB perusahaan terbaik di tingkat nasional, mewakili Provinsi Riau.

Tim Penilai BKKBN Pusat, Nia Reviani menyampaikan pemenang KB perusahaan tingkat nasional ini akan diundang ke Istana Negara dan perayaan Hari Keluarga Nasional di Manado.

"Jika menang, maka perusahaan ini akan mewakili provinsi untuk hadir pada dua acara ini," ungkapnya.

Dirinya mengatakan, ia merasa kagum dengan inovasi yang telah dilakukan oleh PT SLS. "Sudah saya baca satu persatu profilnya. Saya berharap perusahaan ini menjadi pemenang pertama tingkat nasional," ucapnya, dalam sambutannya.

Pada kesempatan sama, Administratur PT SLS, Rasyid menegaskan, pihak perusahaan berkomitmen memberikan pelayanan terbaik di bidang kesehatan bagi seluruh karyawan dan keluarganya. Komitmen tertuang dalam perjanjian kerja bersama (PKB) yang telah disepakati antara managemen dan serikat pekerja. "Dalam PKB tersebut, tertuang bahwa program KB didukung sepenuhnya," tandasnya.

Rasyid menjelaskan, program poliklinik terintegrasi antara Posyandu dan pelayanan KB, baik internal maupun eksternal memiliki program Pakeling yakni pelayanan KB di Afdeling (untuk internal) dan pelayanan KB Keliling (untuk eksternal di Posyandu binaan PT SLS).

"Program lain yang kita jalankan adalah Bina Keluarga Balita (BKB), Bina Keluarga Remaja (BKR), Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R) jalur masyarakat, Bina Keluarga Lansia (BKL) dan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS). Semua ini sudah memperoleh juara 1 provinsi dan juara 2 nasional BKR," bebernya.

Bupati Pelalawan, HM Harris berharap PT SLS dapat memenangkan KB perusahaan tingkat nasional. Ia berharap perusahaan lain di Pelalawan dapat mencontoh inovasi dari perusahaan ini.

"Saya berharap, ini bisa menjadi contoh perusahaan lain. Semoga SLS dapat membawa nama baik Pelalawan ke tingkat nasional," harapnya.

Pada kesempatan acara ini, perusahaan menyerahkan bantuan pendidikan kepada mahasiswa di Kecamatan Pangkalan Lesung dan Kerumutan. Acara dihadiri oleh Hj Mainar Harris, Kepala Dinas, Camat, Kades dan perwakilan dari Polsek serta Koramil. ***