PEKANBARU - Cabang olahraga (Cabor) Indonesia Bela Diri Amatir Mixed Martial Arts (IBA-MMA) yang tergolong baru terbentuk di Provinsi Riau telah mewacanakan untuk menggelar kejuaraan tingkat Asia di Provinsi Riau, pada tahun 2021 mendatang. Hal ini sebagaimana diungkapkan Ketua Pengprov IBA-MMA Riau Anis Murzil, Selasa (29/12/2020).

Menurutnya, untuk mewujudkan wacana tersebut dapat terselenggara, pihaknya akan merancang sejumlah program berkesinambungan. Dimana butuh sinergi diantara jajaran pengurus, baik ditingkat provinsi, kabupaten/kota hingga klub.

"Iya, tentunya kita mempunyai program-program. Pertama masing-masing kabupaten/kita harus memperkuat manajemen organisasinya dulu. Setelah itu ada pembinaan masing-masing klub di kabupaten/kota, hasil dari pembinaan itu akan kita seleksi dalam bentuk kejuaraan daerah," ujarnya.

Anis melanjutkan, setelah mendapatkan pemenang dari seleksi kejuaraan daerah, pihaknya akan mengikuti kejuaraan di tingkat nasional yang diadakan oleh IBA-MMA pusat. Kejuaraan tingkat nasional ini diperkirakan digelar juga pada 2021 mendatang.

"Dari situ, kita akan ikutkan untuk kejuaraan di tingkat Asia," paparnya.

Anis menambahkan, pihaknya menargetkan Kota Pekanbaru, Provinsi Riau sebagai tuan rumah kejuaraan Asia tersebut. Nantinya, IBA-MMA Riau juga akan melakukan koordinasi dan komunikasi kepada Pemerintah Kota Pekanbaru dan Pemerintah Provinsi Riau terkait rencana tersebut.

"Intinya Riau harus menjadi tuan rumah dan kita akan koordinasi terlebub dahulu kepada pemerintah. Kita juga akan mengikuti prosedur tes kompetensi yang ada di IBA-MMA itu sendiri, bagaimana agar cita-cita ini dapat terwujud," pungkasnya.***