PANGKALAN KERINCI - Tim Hunter Bingal menggelar razia masker di Kecamatan Kuala Kampar, Kabupaten Pelalawan.

Razia digelar untuk mencegah munculnya kasus posituf baru di wilayah yang kini mencatatkan nol kasus. Razia juga dalam rangka operasi yustisi protokol kesehatan.

"Sebanyak 10 pelanggar terjaring pada giat yang dilaksanakan di Kuala Kampar pada Senin kemarin," kata Kasatpol PP dan Damkar Pelalawan, H Abu Bakar, Kamis (29/10/2020).

Seluruh pelanggar protokol kesehatan itu, memilih untuk menjalani sanksi sosial. "Mereka yang terjaring ini, diberikan sanksi sosial berupa membersihkan masjid," pungkas Abu Bakar.

Sejak Covid-19 melanda di Kabupaten Pelalawan tujuh bulan lalu, Kecamatan Kuala Kampar aman, data terakhir dari Diskes Pelalawan disebutkan di Kuala Kampar nol konfirmasi positif dan nol suspek Covid-19.

Kepala Puskesmas Kuala Kampar, Yan Benny Ayusla S.Kep menyebutkan, kasus Covid-19 pernah ditemukan di Pulau Mendol itu, namun pasien tersebut sebenarnya bermukim di Kepulauan Karimun, dan dirawat di sana.

"Pernah ditemukan disini orang yang positif Covid 19, tapi orang itu tinggalnya di Karimun, kebetulan ia pulang kesini, dan menunjukkan gejala klinis Covid-19, ketika rapid test, reaktif dan kita rujuk ke RS Karimun," terang Yan.

Namun untuk masyarakat yang berdomisili di Pulau Mendol belum satupun ditemukan kasus corona. "Kalau penduduk yang tinggal disini belum ada," katanya. ***