SELATPANJANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Meranti mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap melakukan dan mengikuti protokol kesehatan yang sudah disosialisasikan kepada masyarakat.

Jurubicara (Jubir) Penanganan Covid-19 Kepulauan Meranti, Muhammad Fahri SKm mengungkapkan bahwa untuk mencegah penyebaran Covid-19 saat ini yang paling efektif adalah 3M, dimana menggunakan masker, mencuci tangan pakai sabun sesering mungkin setelah beraktifitas maupun sebelum aktifitas, dan menjaga jarak.

"Penanganan Covid-19 di Kabupaten Kepulauan Meranti saat ini masih terus kita lakukan upaya-upaya terkait pencegahan dan penanggulangan, dimana pencegahan tetap terus dijalankan terkait dengan protokol kesehatan kepada masyarakat dan imbauan," ujar Fahri.

Kemudian kata Fahri, terkait dengan penanganan untuk pasien-pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 tetap dilakukan isolasi, dimana isolasi tersebut berada di RSUD dan balai latihan kerja(BLK) yang telah disediakan pemerintah Kepulauan Meranti.

Selanjutnya tambah Fari, untuk tracing di lapangan yang dilakukan adalah terkait dengan kronologis pasien yang kontak erat pasien yang positif baik yang berada di rumah atau pun tengah masyarakat maka akan dilakukan swab untuk mencari apakah ada penularan setempat yang terjadi.

"Dari kesimpulan yang kami dapatkan bahwa Kabupaten Kepulauan Meranti sudah terjadi penularan setempat atau lokal, hal ini diketahui melihat dari bertambahnya terus kasus positif Covid-19 dari Kabupaten Kepulauan Meranti," ungkapnya.

Pihaknya juga meminta kepada masyarakat agar saat dilakukan tracing untuk ikut bersama-sama dalam artian mau untuk diperiksa, dilakukan wawancara sehingga jujur terhadap petugas yang ada,  dan selalu update berita-berita Covid-19 di Kepulauan Meranti.

"Kemudian jangan mengambil berita-berita hoaxs yang ada di lapangan, mari kita bersama-sama untuk menyelesaikan kasus Covid-19 yang ada di Kabupaten Kepulauan Meranti," pungkasnya.***