PEKANBARU - Anggota Komisi II DPRD Kota Pekanbaru, Munawar Syahputra menyambut baik program vaksinasi yang saat ini dilaksanakan oleh pemerintah pusat secara berjenjang untuk masyarakat di Indonesia.

Dimana, saat ini vaksinasi sudah dilakukan ujicoba terhadap sejumlah tokoh baik tokoh di nasional maupun di tingkat Provinsi Riau. Bahkan, vaksin jenis sinovac ini tengah didistribusikan ke kabupaten/kota.

Kepada GoRiau.com, Munawar mengatakan, dia sangat berharap supaya vaksin ini bisa menjadi jawaban atas pandemi covid-19 yang sudah sangat memberikan dampak buruk terhadap dunia.

Pasalnya, pandemi ini dialami oleh masyarakat di seluruh dunia, jadi tidak hanya di Pekanbaru saja. Akibatnya, banyak sektor-sektor yang terganggu, terutama sekali sektor perekonomian yang membuat angka kemiskinan meningkat.

"Kita tentu berharap vaksin ini memang betul-betul efektif dan aman untuk masyarakat, kalau masyarakat sudah kebal terhadap virus ini, Insya Allah kehidupan bisa normal seperti biasa, termasuk bidang ekonomi," ujarnya, Minggu (17/1/2021).

Untuk memastikan pemulihan ekonomi berjalan sesuai harapan, dia meminta pemerintah bisa memberikan banyak bantuan kepada pelaku-pelaku usaha yang mengalami penurunan kesejahteraan akibat pandemi ini.

"Disini, pemerintah selaku pelayan rakyat harus mengambil kebijakan yang pro yang terhadap pertumbuhan ekonomi, misalnya pemberian bantuan dan kemudahan kepada pelaku-pelaku UMKM," tuturnya.

Selama pandemi Covid-19, Anggota DPRD Pekanbaru dari Partai Nasdem ini mengungkapkan, dirinya melihat begitu banyak permasalahan ekonomi yang ditimbulkan oleh pandemi covid-19 ini.

"Makanya, kita berharap ini titik awal bagi pertumbuhan ekonomi, baik di Indonesia maupun Pekanbaru khususnya," tutupnya.

Sementara itu, Pengamat ekonomi Riau, Edyanus Herman Halim meyakini sektor perekonomian akan meningkat jika memang program vaksinasi yang dilaksanakan oleh pemerintah terbukti efektif.

Hal tersebut dikatakan akademisi asal Kuansing ini setelah melihat lesunya sektor perekonomian Riau yang memang babak belur akibat pandemi Covid-19 ini, dimana banyak usaha yang mengalami kesulitan berusaha.

"Sudah bisa dilihat terjadi penurunan ekonomi yang cukup signifikan, banyak masyarakat terganggu ekonominya karena adanya Covid ini, kecuali sektor pertanian," ujar Tokoh Masyarakat Kuansing ini, Rabu (13/1/2021).

Makanya, dengan adanya vaksin ini, Edyanus yakin pandemi akan bisa diatasi, sehingga perekonomian bisa bergerak kembali seperti apa yang diharapkan oleh semua pihak.

Lebih jauh, menurut Edyanus, sektor perekonomian yang akan mengalami pertumbuhan cepat setelah pandemi berakhir, adalah pariwisata dan restoran. Mengingat, dua sektor ini yang paling berdampak di masa pandemi. ***