TEMBILAHAN -Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) sudah menyediakan tempat penyimpanan vaksin Covid-19 menjelang pendistribusiannya ke seluruh fasilitas kesehatan (faskes) di kecamatan.

UPT Farmasi Dinkes Inhil akan menjadi tempat penyimpanan vaksin Covid-19 asal Cina tersebut selama di Tembilahan.

Namun vaksin Sinovac yang menurut rencana pada hari Selasa tiba di Tembilahan dari Pekanbaru, ditunda.

"Ada ruangan khususnya sudah kita persiapkan. Sudah siap semua, tidak ada persiapan khusus, tinggal menunggu vaksin saja lagi. Tempat akan di jaga TNI, Polri dan unsur terkait lainnya," kata Kepala Dinas Kesehatan Inhil, dr Afrizal, Selasa (12/1/2021).

Terkait kedatangan vaksin Covid-19 dari Pekanbaru ke Tembilahan, Afrizal belum bisa memastikan karena masih menunggu info lanjutan dari Diskes Provinsi Riau.

"Infonya ditunda, kami juga belum dapat info pasti kapan vaksin itu tiba. Nanti malam Diskes Provinsi Riau akan menginformasikan kepada kami," imbuhnya.

Untuk diketahui, ribuan dosis vaksin Covid-19 buatan Sinovac China mulai disditribusikan ke kabupaten kota di Provinsi Riau, Selasa (12/1/2021).

Satu per satu karton yang berisikan vaksin dikeluarkan dari dalam gudang penyimpanan vaksin dan dimasukkan ke dalam mobil box yang sudah terparkir didepan gudang vaksin di UPT Instalasi Farmasi dan Logistik, Jalan Kesehatan Pekanbaru.

Untuk tahap pertama ini Diskes Provinsi Riau mendistribusikan ke Pekanbaru sebanyak 11.040 dosis, Pelalawan sebanyak 1.800, Kampar sebanyak 2.400 dosis.

Bupati Wardan Sebut 70 Persen Data Masyarakat Penerima Sudah Diinput Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) pun menjadi satu di antara daerah yang tengah bersiap melakukan vaksinasi kepada masyarakatnya.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Inhil menyatakan kesiapannya melaksanakan vaksinasi kepada masyarakat jika vaksin Sinovac asal China tersebut sudah tiba di Kota Tembilahan, Kabupaten Inhil.

"Jika vaksin sudah didistribusikan, kami siap melaksanakannya. Fasilitas pelayanan kesehatan (Faskes) untuk vaksinasi ada 35 tempat se Kabupaten Inhil," ungkap Bupati Inhil, Drs HM Wardan. ***