DHARAMASRAYA - Pemerintah Kabupaten Dharmasraya yang dipimpin Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan dan Wakil Bupati H Amrizal Dt Rajo Medan, meraih penghargaan Nirwasita Tantra/Green Leadership dari pemerintah pusat karena berhasil merumuskan dan menerapkan kebijakan sesuai prinsip pembangunan berkelanjutan sehingga mampu memperbaiki kualitas lingkungan hidup di daerah Kabupaten Dharmasraya.

Penghargaan Nirwasita Tantra tersebut diserahkan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla didampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya kepada Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Senin (14/1/2019).

Penghargaan serupa juga diberikan kepada Ketua DPRD Kabupaten Dharmasraya, Masrul Ma'as, sebagai bentuk apresiasi pemerintah pusat kepada legislatif, atas perannya yang ikut mendorong kepala daerah untuk melakukan pembangunan berkelanjutan lewat rumusan dan penerbitan kebijakan di bidang lingkungan.

Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan mengucap syukur atas penghargaan yang kembali diraih. Bupati menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada perangkat daerah, masyarakat dan seluruh pihak terkait yang sudah ikut mendukung upaya pemerintah daerah dalam meningkatkan kualitas lingkungan hidup di Kabupaten Dharmasraya.

Ads
"Terutama sekali kepada pihak DPRD. Berkat harmonisasi hubungan yang terbangun antara eksekutif dan legislatif selama ini, penghargaan Nirwasita Tantra dapat kita pertahankan sampai hari ini. Keterkaitan antara pemerintah daerah dengan DPRD dalam penyelenggaraan pemerintahan sangat erat. Maka penghargaan yang dicapai ini tentu juga tidak terlepas dari peran DPRD," tukas bupati.

Penghargaan yang telah diraih selama tiga tahun berturut-turut ini, lanjutnya, tentu menjadi bukti atas konsistensi dan komitmen pemerintah daerah dalam menjawab isu lingkungan di Kabupaten Dharmasraya.

"Alhamdulillah, semoga prestasi ini tetap dapat kita pertahankan. Bukan sebagai target untuk mengejar prestise, tapi wujud kepedulian dan komitmen kita untuk tetap menjaga dan memperbaiki kualitas lingkungan demi kelangsungan hidup dan memberi manfaat untuk generasi di masa datang," tandas Bupati.(ep)