PEKANBARU - Pandemi virus Corona memiliki pengaruh besar di segala sektor, tak terkecuali di bidang ekonomi dan pendidika. Untuk meringankan biaya kuliah mahasiswanya, Universitas Lancang Kuning (Unilak) Pekanbaru, Riau, memberikan diskon uang SPP atau sumbangan penyelenggara pendidikan sebesar 10 persen bagi mahasiswa semester 3,5 dan 7.

Rektor Unilak Dr Junaidi mengatakan, bahwa Unilak sangat memahami dengan kondisi ekonomi mahasiswa dan para orang tua di saat Corona. Maka dari itu universitas telah memutuskan untuk memberikan diskon SPP 10 persen.

"Kami berharap kebijakan ini dapat meringankan mahasiswa dan orang tua, dan juga berharap pengertiannya. Dan ini salah satu bentuk dukungan kampus untuk meringankan beban ekonom," kata Junaidi.

Dijelaskan Junaidi bahwasanya Unilak tidak ingin ada mahasiswa yang berhenti dan tersendat kuliah karena Corona. Dalam kondisi sulit seperti ini pasti ada jalan. Dan mahasiswa harus tetap semangat agar dapat tepat menyelesaikan kuliah.

"Kebijakan ini diputuskan karena banyak aspirasi dari mahasiswa dan para orang tua, dan berharap wabah Corona ini cepat berlalu," kata Junaidi lagi.

Sebelumnya di masa wabah Corona, sejak bulan April unilak telah memberikan bantuan bagi mahasiswa diantaranya paket internet untuk kebutuhan kuliah, paket sembako bagi mahasiswa. ***