DURI- -Bupati Bengkalis, Amril Mukminin menghadiri perayaaan hari ulang tahun ke-1 wahana permainan air Waterpark Harationica Duri, Minggu (25/8/2019).

Adapun tema perayaan HUT perdana Harationica Water Park Duri adalah "Mari kita galang kebersamaan dan kerjasama antara pemerintah dan pelaku usaha pariwisata serta masyarakat untuk menjadikan Harationica Waterpark Duri salah satu tempat pariwisata dan tempat rekreasi terbaik di Kabupaten Bengkalis''.

Dalam sambutannya Bupati atas nama pribadi, keluarga dan Pemerintah Kabupaten Bengkalis, mengucapkan selamat ulang tahun ke-1 kepada Harationica Water Park Duri. Semoga dengan perayaan ulang tahun ini, Harationica Water Park Duri semakin matang serta dapat lebih profesional sebagai sarana rekreasi sekaligus objek wisata yang lebih representatif pertama yang dibangun di wilayah Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis.

''Selamat dan tahniah serta apresiasi tentunya kepada keluarga Harangan Wilimar Hutahaean yang telah membangun wahana ini. Semoga wahana yang dikelilingi dengan pemandangan yang begitu indah ini akan dikelola dan dioperasikan dengan baik, sehingga akan turut membuka peluang lapangan pekerjaan di daerah ini,'' harap Amril.

Lebih lanjut Amril mengatakan, keberadaan waterpark sebagai sarana rekreasi sekaligus objek wisata di Kabupaten Bengkalis saat ini sangat dibutuhkan. Sebagai tempat hiburan dan menjadi salah satu tempat tujuan wisata keluarga yang merupakan bagian dari sektor pariwisata. Sebab, sangat berdampak pada peningkatan pendapatan dan penyerapan tenaga kerja.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/25082019/1jpg-8323.jpg

"Kepada pengelola wisata waterpark, agar melaksanakan kegiatan tetap memegang prinsip menjunjung tinggi nilai agama, budaya dan kearifan lokal, serta keseimbangan antara upaya pengembangan untuk menciptakan dayatarik wisata yang berkualitas dan berdaya saing dengan upaya konservasi untuk menjaga kelestarian lingkungan,'' pungkas Amril Mukminin.

Terapkan Budaya 7K

Pada kesempatan itu, Bupati juga mengajak manajemen Hara Tio Nica Waterpark Duri senantiasa menerapkan budaya 7 K (Keamanan, Kenyamanan, Kebersihan, Ketertiban, Keindahan, Kekeluargaan, dan Kerindangan) dalam mengelola sarana rekreasi air tersebut

''Pentingnya pelaksanaan 7 K di tempat wisata dan hiburan ini adalah untuk meningkatkan dan menciptakan suasana rekreasi yang aman, nyaman, bersih, tertib, indah, sehingga proses untuk mendapatkan rekreasi di waterpark ini akan dapat berjalan dengan baik dan memuaskan,'' jelas Bupati ketika menghadiri ulang tahun tempat wisata dan hiburan itu, Minggu (25/8/2019).

Acara syukuran sempena Ultah perdana tersebut dipusatkan di gedung serba guna Hara Tio Nica Waterpark Duri.

Di bagian lain, Bupati Amril Mukminin juga mengajak pihak pengelola, agar melaksanakan kegiatan tetap memegang prinsip menjunjung tinggi nilai agama, budaya dan kearifan lokal.

''Serta keseimbangan antara upaya pengembangan untuk menciptakan daya tarik wisata yang berkualitas dan berdaya saing, dengan upaya konservasi untuk menjaga kelestarian lingkungan,'' harapnya.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/25082019/2jpg-8322.jpg

Kemudian, sambungnya, ciptakan hubungan yang harmonis antara warga dan tempat wisata. Rangkul serta tanamkan budaya kekeluargaan agar timbul rasa senasib sepenanggungan.

''Namun yang tak kalah pentingnya pula, lengkapi segala administrasi yang berhubungan dengan perizinan jika ada yang belum dilengkapi sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku,'' pesannya.

Sebelumnya Kepala Operasional Harationica Waterpark Duri, Benthon Sinaga mengucapkan selamat datang kepada Bupati Bengkalis dan rombongan. Ini merupakan kebahagiaan tersendiri bagi pihaknya di dalam pelaksanaan HUT ke-1 waterpark ini dihadiri orang nomor satu di Kabupaten Bengkalis.

''Semoga kehadiran Bapak Bupati akan memberikan dampak positif bagi kami dan rekan-rekan karyawan di waterpark ini. Perlu kami sampaikan saat ini jumlah karyawan di waterpark ini berjumlah 66 orang dan semuanya adalah karyawan kontrak,'' ungkap Benthon.

Di akhir acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh Bupati Bengkalis dan penyerahan cendramata dari Manajer Operasional Harationica Waterpark Duri Benthon Sinaga kepada Bupati Bengkalis Amril Mukminin.

Hadir Kepala Dinas DPMPTSP Kabupaten Bengkalis Basuki Rakhmad, Kadis Kominfotik Kabupaten Bengkalis Johansyah Syafri, Kadis Disparbudpora Bengkalis H. Anharizal, Kepala Satpol PP Kabupaten Bengkalis Jenri Salmon Ginting, Direktur RSUD Bengkalis Ersan Saputra, Kabag Umum Sekretariat Bengkalis Alfakhrurrazy, Camat Mandau Riki Rihardi, Camat Pinggir Azuar, Camat Talang Muandau Nasrizal, Plt Lurah Air Jamban Muhammad Rusydy, Lurah Talang Mandi Zama Rico Dakanahay, Lurah Balik Alam Heru Syafrian, Lurah Gajah Sakti Baharudin, Lurah Babussalam Andre Hamzah, Lurah Batang Serosa Syah Alridho, Lurah Duri Barat Zainab, Lurah Duri Timur Erna Satriana, Lurah Pematang Pudu Fitrianita Ekaputri dan undangan lainnya.ail/inf