SAWANGAN - Seri keempat Kompetisi Sepakbola Liga 1 U-16 2019  Grup C, hari ini menuntaskan laga terahirnya. Dimulai dengan laga antara Bali United FC melawan PSM Makasar yang berkesudahan skor imbang 0-0 di lapangan NYTC Sawangan, Depok, Jawa Barat, Sabtu (24/8/2019). 

Pada awal babak pertama kedua tim bermain dengan tempo yang lambat atau cenderung berhati-hati satu sama lain. Borneo FC sempat menciptakan beberapa pelaung namun tak membuahkan hasil. Mulai dari peluang sepak pojok untuk Borneo, maupun dari tendangan bebas yang dieksekusi M Rafli yang masih membentur mistar gawang. Skor imbang tanpa gol tidak berubah hingga akhir pertandingan.

“Bersyukur anak-anak bermain sesuai dengan yang saya instruksikan. Hasil imbang yang kita dapat sudah cukup buat saya. Banyak evaluasi yang akan saya benahi dan perbaiki. Saya juga mau menyampaikan apresiasi kepada federasi untuk penyelenggaraan Liga di usia dini seperti ini, karena memang selama ini yang dibutuhkan Timnas dalam hal regenarasi adalah kompetisi di usia muda," ucap pelatih Sandhika Pratama.

Sementara hasil di pertandingan lain Grup C, Kalteng Putra menang telak dari Persipura. Sejak awal babak pertama kedua tim bermain dalam tempo tinggi. Terbukti penyerang Kalteng Ardi Ardiana menit 7’ mampu mencetak gol pertama di pertandingan hari ini. Tempo sempat menurun diakhir babak petama, hal itu tenyata juga menjadi keuntungan bagi Ardi Ardiana yang mampu mencetak gol di menit 30’. Skor 2-0 bertahan hingga turun minum.

Ketika babak kedua dimulai terhilat ada beberapa pergantian pemain yang dilakukan oleh kedua pelatih. Kalteng Putra pun juga langsung tancap gas dengan terus menyerang ke pertahanan Persipura. Kembali Ardi Ardiana mencetak hattrick menit 34’ memanfaatkan umpan Toulahu. Gol kemengangan Kalteng Putra hari ini ditutup oleh Dimas Abdul Hadi dengan akusari sundulannya menit 52’. Skor meyakinkan 4-0 tersebut tak berubah hingga usai pertandingan.

“Anak-anak bermain cukup luar biasa. Target manajemen lolos grup juga sudah terpenuhi, mengingat kita juga kontestan baru. Untuk langkah selanjutnya, saya akan komunikasikan dengan manajemen. Saya ucapkan terima kasih kepada semua yang telah mendukung dan mensupport kami dari awal hingga saat ini” kata pelatih Mohammad Firdaus.

Pertandingan Grup C ditutup dengan laga Persebaya melawan Borneo FC yang berakhir 3-1. Tiga gol Tim Bajul Ijo dicetak Andrian Rusdianto menit 30, Mohammad Akrom menit 35 dan menit 45’. Satu-satunya gol balasan Borneo dicetak M Wildan menit 47. 

“Bersyukur anak-anak memenangkan pertandingan, apalagi mereka sempat mengeluhkan bermain di rumput sintetis belum pernah mencobanya. Tapi terlepas dari itu saya merasa bersyukur atas capaian dan kerja keras tim Persebaya selama bermain di sini. Berbicara peluang lolos tidaknya, pasti berharap lolos. Karena masih menunggu info dari operator kompetisi dan menunggu selesainya hasil dari grup lain” ucap pelatih Persebaya, Andrias Johanes Kastanja.

Klasemen akhir Grup C Liga 1 U-16 2019, PSM memuncaki klasemen dengan nilai 38. Peringkat dua diisi Kalteng Putra FC dengan nilai 36, peringkat ketiga Persebaya dengan nilai 36, peringkat empat Bali United dengan nilai 18, kelima ada Persipura dengan nilai yang sama 18, serta Borneo FC peringkat enam dengan nilai 13. ***