PANGKALAN KERINCI - Pemerintah Desa Segati, Kecamatan Langgam, Kabupaten Pelalawan melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) meresmikan toko bangunan Segati Jaya Mandiri, Kamis (14/2/2019). Toko ini untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan desa.

Dibutuhkan anggaran untuk membuka toko dengan dana sebesar Rp 271.399.000 bersumber dari Dana Desa (DD) tahun 2018.

Direktur BUMDes Segati Jaya Mandiri, Juhar Rahmad mengungkapkan, toko milik BUMDes sebagai wujud pengelolaan ekonomi produktif desa. Caranya kooperatif, partisipatif, emansilatif, transparansi, akuntabel dan sustanaibel.

"BUMDes Segati Jaya Mandiri mempunyai dua unit usaha, yaitu simpan pinjam dan toko bangunan yang baru saja diresmikan," ungkapnya.

Juhar Rahmad menyampaikan, tujuan didirikannya BUMDes guna meningkatkan pendapatan asli dssa (PAD). Ia juga menyampaiakan kepada pihak-pihak yang sudah turut mendukung.

"Ucapan terima kasih saya ucapkan kepada pak Kades, BUMDes se kecamtan, BPD, pendamping kecamTan dan kabupaten, Polsek Langgam, BRI Unit Langgam, juga pihak perusahaan," ucapnya.

Kepala Desa Segati, Sofian yang meresmikan berharap pengelolaan toko BUMDes mampu meningkatkan perekonomian desa. Pembangunan ekonomi harus dimulai dari desa dengan mengedepankan ekonomi kerakyatan.

"Harapannya pertumbuhan BUMDes harus menjadi pilar terdepan untuk meningkatkan pendapatan desa," tandasnya.*