JAKARTA – Tim Nasional (Timnas) Wushu Indonesia yang berkekuatan 9 atlet bentukan Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI) pimpinan Airlangga Hartarto sukses merebut 5 emas dan 3 perak di ajang World University Sport Combat Games 2022 yang akan berlangsung di Turki, 21-26 September 2022.

Pada pertandingan penutup nomor Sanda di Turki, Minggu (25/9/2022), Tharisa yang turun di kelas 52kg putri sukses menyumbangkan emas kelima bagi Indonesia setelah mengalahkan atlet tuan rumah Turki dalam pertandingan final dengan skor 2-0.

Sayangnya, kesuksesan Tharisa gagal diulangi Thania yang turun di kelas 60kg. Tharisa yang dipaksa mengakui keunggulan atlet Iran dengan skor 0-2 harus puas dengan medali perak.

Sebelumnya, 3 emas disumbangkan dari nomor Taolu melalui Alisyah Mellynar, Edgard Xavier Marvelo dan Seraf Naro dan 2 perak melalui Eugina Diva Widodo dan Nandhira Mauriska. Dan, 1 medali emas lagi juga dari nomor Sanda lewat penampilan Laksamana Pandu Pratama yang tampil di final kelas 52kg putra mengalahkan atlet tuan rumah Turki. Pelatih Kepala Timnas Wushu Indonesia, Novita menyebutkan perolehan 5 medali emas dan 3 perak yang diraih Timnas Wushu Indonesia ini telah melebihi target dari PB WI.

"Di World University Games 2018 Macau, Timnas Indonesia meraih 2 emas 3 perak, dan 2 perunggu. Jadi, target sudah melebihi. Kami mengucapkan terimakasih atas dukungan dari pak Ketum PB WI dan jajarannya," katanya.

Menurut Novita, World University Sport Combat Games 2022 Turki merupakan try out (uji coba) terakhir bagi Tim Pelatnas Wushu Indonesia. Selanjutnya, Edgar Xavier dan kawan-kawan akan kembali dalam pelatnas untuk melakukan persiapan menghadapi SEA Games 2023 Kamboja dan Asian Games 2022 Hangzhou yang digelar tahun 2023.

Timnas Wushu Indonesia akan tiba di Tanah Air pada Rabu, 28 September 2022 pukul 17.35 WIB. ***