PEKANBARU - Tim Kukerta Relawan Covid-19 Universitas Riau (Unri) di Desa Kompe Berangin, Kecamatan Cerenti, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Provinsi Riau, punya cara yang menarik untuk mensosialisasikan pentingnya protokol kesehatan kepada masyarakat. Salah satunya yaitu dengan cara mengajari ibu-ibu Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) untuk membuat handsanitizer berbahan dasar alami sendiri.

Pembuatan hand sanitizer ini sendiri dilaksanakan di Kantor Desa Kompe Berangin pada Selasa (23/6/2020) kemarin.

Saat proses pembuatan hand sanitizer, setidaknya ada tiga mahasiswa yang bertugas untuk mempraktekkan cara pembuatannya secara bertahap.

Sekretaris Tim Kukerta Relawan Covid-19 Unri, Puji Pebrianti menjelaskan, bahwa bahan-bahan yang digunakan untuk membuat 1 botol ukuran 30 ml hand sanitizer adalah dua lembar daun sirih, dua tetes air perasan jeruk nipis, dua tetes aloevera yang telah dihaluskan dan sedikit parfum sebagai pewanginya.

GoRiau

"Dengan bahan-bahan alami ini, ibu-ibu bisa membuat hand sanitizer sendiri, jadi tidak perlu beli lagi. Kalau sudah ada hand sanitizer, tentu ibu-ibu tidak perlu khawatir lagi untuk menjaga kebersihan tangannya saat berada di luar, jika di tempat itu kebetulan tidak ada tempat cuci tangan," kata Puji.

Kegiatan ini pun diapresiasi oleh Kepala Desa Kompe Berangin, Nuranisyah yang turut mengikuti kegiatan pembuatan hand sanitizer bersama mahasiswa Unri ini.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada adik-adik mahasiswi atas kepeduliannya kepada kami warga Desa Kompe Berangin. Khususnya karena sudah mengajari bagaimana cara membuat hand sanitizer berbahan alami dan membagikan handbsanitizer kepada kami guna mencegah penularan virus Corona ini," kata Nuranisyah. (rls)