JAKARTA - Wakil Ketua MPR Syariefuddin Hasan meminta agar daerah lebih meningkatkan lagi potensi wisata daerahnya. Hal tersebut sangat penting, sebab banyak sekali daerah-daerah memiliki potensi wisata terutama wisata alam yang sangat bagus, namun belum dikelola maksimal.

Syarief Hasan memberikan contoh, daerah wisata situs gunung Padang di Kabupaten Cianjur sangat luar biasa berpotensi. Bahkan, banyak mendapatkan perhatian di dalam negeri dan luar negeri. Dengan pengelolaan yang baik, sangat menguntungkan daerah.

"Pemerintah daerah mesti melihat hal tersebut dengan lebih serius. Sayang sekali potensi besar yang minim pengelolaan," katanya, usai melakukan kunjungan silaturahmi dengan Plt.Bupati Cianjur Herman Suherman, di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Cianjur, Jawa Barat, Jumat (26/6/2020).

Syarief Hasan melihat, kendala yang mengakibatkan minimnya pengelolaan sehingga wisata daerah seperti situs gunung Padang tersebut kurang berkembang, karena ada tiga hal yang mesti diperhatikan koordinasinya karena tumpang tindih, yakni kewenangan pusat, kewenangan Provinsi dan kewenangan Kabupaten.

"Saya berharap agar ada koordinasi yang baik antara pusat, provinsi dan kabupaten sehingga daerah Cianjur menjadi lebih terkenal. Semua itu kan kembali ke rakyat. Saya rasa, jika serius wisata gunung Padang tersebut akan menyamai Borobudur bahkan lebih," ujarnya.

Jika koordinasi sudah baik, lanjut Syarief Hasan, dan potensi wisata sudah berkembang, maka hal selanjutnya yang mesti dipikirkan dan dilakukan adalah terobosan-terobosan wisata baru yang menarik wisatawan. Seperti, wisata balon udara sehingga wisatawan bisa menikmati view Cianjur dari udara.

"Hal tersebut juga diharapkan terjadi di daerah-daerah lain yang memiliki potensi wisata daerah yang bagus. Jika ini terjadi maka rakyat seluruh wilayah Indonesia akan mengalami peningkatan kesejahteraan," ucapnya.***