PEKANBARU - Tim Basket 3x3 Provinsi Riau akan masuk dalam Grup B bersama Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Sumatra Utara di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua yang digelar Oktober 2021 mendatang.

Hal ini disampaikan Ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Riau, Riko Adinata, Selasa (14/9/2021).

"Hasil drawing untuk Cabor Basket 3x3, Riau berada satu grup dengan DKI Jakarta, Jabar dan Sumut. Kami menganggap, semua Provinsi memiliki kans dan peluang yang sama, semua provinsi sama kuatnya," ujarnya.

Meskipun demikian, ia menjelaskan bahwa timnya akan berjuang dan bertanding tanpa rasa lelah dan takut. Pihaknya ingin mengukir sejarah, dengan mendapatkan medali emas di PON untuk dipersembahkan bagi Riau.

"Tim Riau sedang menjalani pemusatan latihan atau Training Center (TC) Full di Jakarta guna mematangkan persiapan dan melakukan beberapa uji coba dengan beberapa klub lokal. Karena kami ingin menciptakan sejarah untuk Riau dalam Cabor Basket dan mempersembahkan medali emas untuk Riau. Kami menuju ke Papua dengan semangat dan rasa optimis yang tinggi. Kami punya mental petarung tangguh," jelasnya.

Sementara itu, Victor Yonathan selaku manajer Basket 3x3 Riau mengatakan selama masa TC berjalan, Cabor Basket 3x3 banyak mendapat perhatian dan dukungan dari berbagai pihak.

"Mulai dari unsur Pemerintah, KONI, Organisasi Paguyuban, Pelaku Usaha Swasta/para sponsor dan seluruh masyarakat pecinta basket se-Riau," ujar Victor Yonathan yang baru saja terpilih sebagai Ketua Perbasi Kota Pekanbaru periode 2021-2025.

Ia mengatakan Pemerintah Provinsi Riau bahkan memberikan atensi khusus melalui Wagub Riau dan Kadispora Riau yang telah menerima tim secara khusus untuk audiensi.

Selain itu, pihak KONI Riau juga selalu rajin berkomunikasi dengan Pengprov Perbasi Riau. Bahkan Danlanud Roesmin Nurjadin, Marsekal Pertama TNI Andi Koestoro, pernah mengundang tim basket 3x3 Riau secara khusus untuk audiensi dan melakukan latih tanding di Lapangan Basket Komplek AURI, beberapa waktu lalu.

"Kami bersyukur dan berterima kasih atas semua perhatian dan dukungan yang telah kami terima selama ini. Kami tidak ingin mengecewakan semua pihak yang telah menaruh harapan besar kepada kami. Kami akan ukir sejarah untuk Basket Riau," pungkasnya. ***