SELATPANJANG - Dari 74 peserta yang terjadwal harus mengikuti ujian tahap I, terdapat 9 peserta absen (tidak hadir) pada pertama ujian Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di Kabupaten Kepulauan Meranti.

Pelaksanaan ujian PPPK di Kepulauan Meranti sudah mulai berlangsung pada Senin (13/9/2021) yang bertempat di SMAN 1 Tebingtinggi.

Kabid Pengadaan Pemberhentian dan Informasi Pegawai, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Meranti, Budi Hardiantika mengatakan secara teknis ujian dilakukan 2 sesi dalam sehari dan disetiap sesi diikuti 74 peserta dengan dibagi menjadi 3 lokal.

"Setiap lokal diisi sebanyak 24 sampai 25 orang. Untuk pengawas ada 1 orang dari provinsi, selebihnya orang tempatan," ujar Budi.

Tes dilaksanakan dengan sistem Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Di hari pertama ujian, ia menyayangkan ada peserta yang tak hadir untuk mengikuti tes PPPK itu didapati 9 orang peserta yang tak hadir.

"Ada 9 orang absen di hari pertama. Tapi yang tak hadir masih bisa mengikuti ujian susulan," katanya.

Dikatakan Budi, sejauh ini untuk dihari pertama pelaksanaan ujian tidak ada kendala yang signifikan. "Pelaksanaan ujian berlangsung 4 hari, tapi mungkin selesainya bisa sampai Sabtu sebab ada beberapa kendala yang menyangkut peserta," pungkasnya.

Bedasarkan data peserta ujian PPPK dari Data Pokok Pendidik (Dapodik) Meranti ada 573 peserta. Namun digabung dengan Dapodik SMA jadi 586 peserta.***