PEKANBARU - Bagaikan musuh dalam selimut, itulah ungkapan untuk seorang pria di Pekanbaru, yang pura-pura menjadi teman para anak motor. Namun diam-diam merencanakan pencurian terhadap anak-anak motor itu.

Kedok pria berinisial RR (29) itu, diketahui setelah aparat kepolisian dari Polsek Pekanbaru Kota, menerima laporan dari warga, kalau sepeda motor merek D-Tracker miliknya hilang.

Atas laporan itu, Kanit Reskrim Polsek Pekanbaru Kota, Iptu Budi Winarko, bersama tim opsnal mendatangi rumah warga tersebut. Disana, saat tim opsnal melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP), menemukan satu sepeda motor merek Vario, yang tidak lain adalah milik teman korban.

Selanjutnya tim opsnal meminta korban untuk memanggil pemilik motor Vario itu. Dan setelah keduanya bertemu, tim Opsnal langsung menangkap teman korban yang berinisial RR.

"Setelah kita introgasi pelaku, dia mengakui kalau telah mengambil motor korban," kata Kapolresta Pekanbaru, Kombes Pol Nandang Mukmin Wijaya, melalui Kapolsek Pekanbaru Kota, AKP Stevie Arnold Rampengan, saat ekspos, Jumat (21/8/2020).

Ternyata, sebelum pelaku mencuri motor korban, dia terlebih dahulu meminjam motor korban dengan alasan membeli rokok. Saat itulah pelaku menggandakan kunci motor korban untuk nantinya digunakan saat mencuri.

"Jadi pelaku ini mencuri tidak dengan kunci T ataupun cairan khusus. Tapi menggunakan kunci yang sudah digandakannya. Modusnya ya begitu, berteman dengan anak-anak motor, lalu nanti motornya dipinjam untuk beli Rokok. Lalu dia menggandakan kuncinya, dan kemudian dia menyuruh orang lain untuk mengambil motor tersebut," lanjut Stevie.

Dari pengembangan yang dilakukan petugas kepolisian, saat ini diketahui pelaku sudah beraksi dengan modus yang sama sebanyak tiga kali di Kota Pekanbaru. ***