BAGANSIAPIAPI - Keberhasilan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) dalam mengumpulkan dan mengelola zakat, menjadi inspirasi bagi Baznas daerah lain untuk juga berkembang dengan baik. Salah satu daerah yang tertarik dengan perkembangan Baznas Rohil adalah Pelalawan, Riau.

Baznas Pelalawan, 26 - 27 Januari 2021, melakukan kunjungan kerja ke Baznas Rohil untuk menggali lebih dalam sistem pengelolaan zakat di Rokan Hilir.

Kunjungan dipimpin Ketua Baznas Pelalawan, H Edi Anran Lc, didampingi Wakil Ketua, H Zainudin SH serta staf Baznas. Kedatangan Baznas Pelalawan disambut Ketua Baznas Rohil H Baharudin didampingi dua komisioner Baznas Rohil, Syaiful Hotma Panjaitan dan Junaidi.

Ketua Baznas Rohil H Baharudin menyebutkan, kunjungan kerja Baznas Pelalawan ke Rohil studi banding tentang tata kelola terutama dalam pengumpulan zakat di Rokan Hilir.

''Intinya melihat perkembangan dan tata kelola, serta berbagi informasi dalam upaya meningkatkan pendapatan zakat melalui wajib zakat,'' jelas Baharudin.

Dijelaskan, Baznas Rohil setia tahunnya mampu mengumpulkan Rp 5 miliar hingga Rp 6 miliar zakat dan disalurkan ke para penerima zakat.

''Ya kita berbagi informasi mengenai pengelolaan zakat, ada kelebihan kita juga ada yang kita serap dari Pelalawan,'' ujarnya.

GoRiau Kunjungan ke jembatan Padamara
Kunjungan ke jembatan Padamaran.

Sementara itu, ketua Baznas Pelalawan Edi Amran Lc didampingi Wakil Ketua Baznas Pelalawan H Zainudin SH mengatakan, pihaknya memilih Rohil untuk dikunjungi karena Rohil berhasil mengumpulkan zakat yang lebih besar dari Pelalawan.

''Baznas Pelalawan saat ini baru berhasil mengumpulkan zakat antara Rp 4 miliar hingga Rp 5 miliar, karenanya Baznas Rohil layak dijadikan tempat kita studi banding,'' ujar Edi Amran.

Usai nengunjungi kantor Baznas Rohil dan bergbagi informasi tata kelola menajemen administrasi, rombongan Baznas Pelalawan juga berkesempatan ke lapangan untuk mengunjungi calon penerima Baznas Rohil dan melihat Jembatan Pedamaran I dan Pedamaran II yang merupakan icon Rohil. ***