TELUKKUANTAN - Masyarakat Pasiremas, Kecamatan Singingi, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau tak kuasa menahan emosi ketika AH (38) tertangkap. Ia merupakan maling motor yang sering beraksi dan sangat meresahkan masyarakat.

Karena emosi, warga langsung menghadiahi AH dengan pukulan. Ia pun babak belur dihajar massa. Beruntung, polisi cepat sampai ke lokasi dan mengamankan pelaku.

Kejadian ini terjadi pada Sabtu (11/9/2021) malam. Dimana, sekitar pukul 19.45 WIB, AH datang ke rumah Wili Sandi di Desa Pasiremas. Berbekal kunci T, AH langsung mengeksekusi sepeda motor Beat yang terparkir di teras rumah.

Aksi AH melarikan motor dilihat oleh istri korban. Sang istri langsung berteriak maling. Teriakan itu didengar oleh warga dan melakukan pengejaran. Sekitar 800 meter, pelaku berhasil ditangkap oleh warga dan diamankan di Pos Linmas Pasiremas.

Saat itu, warga semakin ramai dan membuat situasi tak terkendali. Warga yang emosi langsung memukul AH secara bersama-sama. Akibatnya, ia mengalami luka di bagian wajah. Beruntung, pelaku bisa diselamatkan oleh polisi.

Terkait peristiwa ini, Kapolres Kuansing, AKBP Rendra Oktha Dinata menyatakan personil Polsek Singingi sempat kesulitan dalam mengevakuasi pelaku. Hingga akhirnya bantuan dari Polres Kuansing datang dan melakukan negosiasi dengan masyarakat.

"Sekitar pukul 23.00 WIB, pelaku bisa dievakuasi dan dibawa ke RS untuk pengobatan," ujar Rendra.

Ia mengimbau agar masyarakat tidak main hakim sendiri dan anarkis ketika ada pelaku kejahatan yang ditangkap. Sebaiknya diserahkan ke pihak berwajib untuk diproses sesuai dengan hukum yang berlaku.***