DUMAI-Satu warga Dumai meninggal dunia akibat terpapar Covid-19. Ny. TY (38) tinggal di Kelurahan Bukit Datuk, Kota Dumai masuk rumah sakit dan menjalani perawatan pada 5 Januari 2021 dan meninggal dunia pada 14 Januari 2021.

"Kita doakan semoga saudara kita yang meninggal mendapatkan tempat terbaik dan keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran," ujar  Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid 19 Kota Dumai, dr. Syaiful seperti dilansir pekanbaru.tribunnews.com, Minggu (17/1/2021).

Dipaparkan Syaiful, kasus Covid-19 di Kota Dumai mengalami penambahan, bahkan pada Jumat angka kesembuhan tidak ada. Dirinya menerangkan, bawa di awal bulan 2021 ini ada 5 penambahan masyarakat Dumai, yang meninggal dan terpapar Covid-19. Kebanyakan memang usianya sudah di atas 50 tahun.

Pada Jumat terjadi penambahan 9 kasus positif, 8 pasien menjalani isolasi mandiri, dan satu pasien menjalani perawatan di rumah sakit.

"Pasien yang dinyatakan sembuh pada Jumat  tidak ada, hingga saat ini total akumulasi kasus Covid-19 mencapai 2.495 kasus," ujarnya.

Syaiful menerangkan, secara akumulasi kasus positif Covid-19 di Kota Dumai mencapai 2.495 dengan rincian 2.283 orang dinyatakan sembuh.

Kemudian 169 orang dalam perawatan, terdiri dari 142 orang isolasi mandiri, 27 orang rawat di RS, serta 43 orang meninggal dunia.

"Satgas berharap masyarakat tetap dapat beraktivitas dan melakukan kegiatan perekonomian guna menunjang kesejahteraan masyarakat. Namun tentunya tetap menerapkan protokol kesehatan," harapnya.

Dengan menggunakan masker mampu mencegah penularan dan yang paling penting mampu menurunkan angka kematian akibat kasus Covid-19.

Lebih lanjut dijelaskannya, pemerintah tak henti-hentinya mengingat kan masyarakat untuk mentaati protokol kesehatan. Senantiasa memakai masker, mencuci tangan di air mengalir dan menjaga jarak.

"Jika diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, penularan Covid -19 bisa di meminimalisir dan jumlah kasus dapat ditekan," tutupnya.***