JAKARTA - Tak hanya di Indonesia artis yang tergiur terjun ke dunia prostitusi karena bisa mendapatkan banyak uang dengan mudah dalam waktu cepat. Skandal prostitusi artis juga terjadi di Korea Selatan.

Dikutip dari detik.com, beberapa tahun lalu, penyanyi solo Korea Selatan, Choi Jina yang dikenal sebagai G.Na, dituduh menjadi PSK dengan bayaran ratusan juta.G.Na belakangan tidak aktif di dunia hiburan sejak namanya dikaitkan dengan kasus prostitusi.

Ketika rumor tersebut merebak di 2016, seorang penyanyi yang disebut sebagai 'artis C' dilaporkan menerima uang sebagai imbalan berhubungan seks. Namun saat itu, ia mengaku memang pernah ditawari tapi menolaknya. Setelah investigasi dilakukan, terungkap jika apa yang dikatakan artis C tidak benar.

Setelahnya muncul banyak pemberitaan mengenai sosok artis C. Media NewDaily pun melaporkan bahwa tersangka adalah seorang penyanyi solo yang baru saja meninggalkan Cube Entertainment.

Dikatakan pula jika 'artis C' punya imej glamour dan seksi, debut pada 2010, serta bermarga Choi. Karenanya, G.Na mulai dicurigai hingga banyak fans ramai mempertanyakannya di Instagram.

Setelahnya The Fact melaporkan G.Na telah dipanggil polisi untuk diinvestigasi mengenai tuduhan bahwa ia menerima 35 juta won atau sekitar Rp424 juta setelah berhubungan seks dengan CEO Korea-Amerika. Pria yang disebut Mr. Choi tersebut dikatakan adalah pengusaha sukses dan punya bisnis di Los Angeles. Diberitakan bahwa kedua bertemu lewat seorang bos agensi entertainment dan pegawainya, Mr Choi.

Beberapa waktu kemudian, media Ilgan Sports merilis wawancara dengan si artis C yang adalah G.Na. Ia pun mengaku bersalah dan meminta maaf karena kasus tersebut. Dalam pernyataannya, pelantun 'Black & White' itu tidak mengaku bahwa ia menjual tubuhnya tapi sadar bahwa apa yang terjadi padanya bisa dikategorikan sebagai prostitusi. Wanita 32 tahun tersebut pun tidak menganggap bahwa dirinya sebagai seorang PSK.

''Aku bukan PSK. Aku tidak punya kebutuhan atau keinginan untuk menjual tubuhku untuk uang yang dituduhkan. Tapi bagaimana pun aku cukup bodoh untuk tertipu dengan broker yang aku anggap teman dan tak lama kemudian aku dijebak sebagai orang yang melakukan prostitusi. Pengalaman ini mengajarkanku bahwa 'semua orang bisa tertipu' dan 'semua orang bisa menjadi PSK,'' ujarnya.

Secara lebih detail, G.Na berbicara mengenai keterlibatannya. ''Yang bisa aku katakan adalah seorang teman meminjamkanku uang ketika aku sedang kesulitan yang aku terima dengan berterima kasih. Kemudian temanku berkata 'Kamu sudah banyak kesusahan, kamu tidak perlu membayarnya'. Lalu aku diminta, 'Tapi bisakah kamu bertemu dengan temanku yang adalah fans beratmu seperti kencan buta?' Akhirnya aku sadar bahwa pria yang aku temui sudah membayar broker untuk bertemu denganku,'' ucapnya.

Meski begitu, G.Na mengaku tidak pernah menerima uang dari Mr. Choi atau pun temannya. Wanita kelahiran Kanada itu juga mengaku bersalah dan bodoh dan meminta maaf kepada keluarga serta para fans. Karena kasus itu, G.Na dijatuhi denda 2 juta won atau Rp24 jutaan.

Setelahnya, ia rehat dari industri hiburan namun 19 bulan kemudian mengunggah pernyataan di Instagram untuk berterima kasih kepada para fans yang telah mendukungnya. Walau mengisyaratkan akan kembali ke dunia hiburan hingga kini G.Na belum tampil atau mengeluarkan karya lagi.***