SELATPANJANG – Jamaah Haji Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau akan berangkat menunaikan ibadah haji pada 23 Mei 2024 mendatang. Para jamaah asal kota sagu itu tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 12.

Tahun 2024 ini keberangkatan jamaah haji Provinsi Riau tidak lagi menggunakan Embarkasi Haji Antara Riau, melainkan langsung ke Embarkasi Haji Batam (BTH). Untuk kloter BTH-12, masuk asrama tanggal 23 Mei 2024 pukul 08.00 WIB, diberangkatkan menuju Bandara King Abdul Azis International Airport (KAAIA) pada tanggal 24 mei 2024 pukul 07.01 WIB.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kepulauan Meranti, Drs. H. Sulman mengungkapkan bahwa jamaah haji di kabupaten termuda di Riau gelombang kedua ini akan bergabung dengan Kabupaten Pelalawan dan Pekanbaru.

"Sepuluh orang akan bergabung dengan Pekanbaru sementara sisanya akan bergabung dengan Kabupaten Pelalawan," ungkap Sulman kepada GoRiau.com, Senin (6/5/2024).

Dijelaskan Sulman, adapun jamaah haji Kepulauan Meranti berjumlah 108 orang termasuk 5 orang pendamping jamaah haji lanjut usia. Dengan rincian 57 jamaah haji laki-laki dan 51 perempuan.

"Kalau untuk biaya haji reguler ini sudah lunas semua, dari Rp91 juta biaya haji penuh atau normal (tanpa subsidi) menjadi Rp47 juta yang harus dibayarkan para jamaah haji," jelasnya.

Sulman juga menambahkan jika para jamaah haji kabupaten bungsu di Riau itu diprediksi pulang dari tanah suci Mekah pada 4 Juli 2024. "Yang jelas awal bulan Juli nanti para jamaah haji ini sudah kembali ke Indonesia," ucapnya.

Menjelang keberangkatan, Sulman mengimbau kepada jamaah haji Kepulauan Meranti untuk menjaga kesehatan dan kebugaran dengan istirahat yang cukup serta tidak terlalu banyak beraktivitas. Selanjutnya jamaah juga melaksanakan tahapan-tahapan pra ibadah haji sampai proses ibadah haji di tanah suci nantinya.

"Kami berharap jamaah haji Kepulauan Meranti menjaga kesehatan, kemudian mengikuti petunjuk-petunjuk yang dilakukan oleh petugas dalam pelaksanaan ibadah haji, serta kembali pulang dengan selamat," harapnya. ***